Forgot Password Register

Pria Ini Nekat Bakal Lempar (Lagi) Presiden dengan Sepatu, Siapa Dia?

Muntadhar Al-Zaidi. (Foto: Facebook/Muntadhar Al-Zaidi) Muntadhar Al-Zaidi. (Foto: Facebook/Muntadhar Al-Zaidi)

Pantau.com - Muntadhar Al-Zaidi, jurnalis Irak ikonik yang 10 tahun lalu melemparkan sepatunya pada mantan Presiden AS George W. Bush kini mencalonkan diri di parlemen Irak.

Dikutip Pantau.com dari Russia Today, Kamis (3/5/2018), pada bulan Desember 2008, Al-Zaidi menarik perhatian dunia ketika dia melemparkan kedua sepatunya ke Bush selama kunjungannya ke Irak. Bush berhasil membungkuk dua kali untuk menghindari sepatu yang dilempar oleh Al-Zaidi.

Baca juga: Horor! Detik-detik Bangunan 26 Lantai Rubuh Seperti Lautan Api

Satu dekade kemudian, Al-Zaidi menjadi berita utama lagi. Mengatakan dia membela kepentingan rekan senegaranya di arena politik, ia mencalonkan diri untuk parlemen dalam pemilu yang belangsung pada 12 Mei mendatang.

Al-Zaidi tampaknya dengan cepat mendapatkan pendukung. Warga Irak membantunya dalam kampanye pemilihan dengan menyebar poster.

Pada  tahun 2011 lalu ia sempat membentuk kelompok nirlaba untuk membantu anak-anak korban pendudukan pimpinan AS untuk hidup dalam keamanan.

Baca juga: Menyesal Capai Usai 104 Tahun, Ilmuwan Australia Minta Disuntik Mati

Al-Zaidi menyatakan AS bertanggung jawab atas keadaan tragis di negaranya, termasuk skenario serangan ke Suriah saat ini. Dia juga menuduh pasukan pendudukan AS hanya berpura-pura menjadi cukup demokratis.

Ia menjelaskan, insiden pelemparan sepatu yang ia lakukan adalah sebuah tindakan yang direncanakan. Ia berjanji akan melakukan terhadap Presiden lainnya lagi. Apakah itu Donald Trump?

“Saya tidak sendirian di dunia ini. Akan ada lagi yang seperti saya,”kata Al-Zaidi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More