Forgot Password Register

Headlines

Ratna Sarumpaet Ajukan Permohonan Jadi Tahanan Kota, Ini Balasan Polda Metro

Ratna Sarumpaet Ajukan Permohonan Jadi Tahanan Kota, Ini Balasan Polda Metro Ratna Sarumpaet (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Ratna Sarumpaet kini sudah bestatus sebagai tahanan Mapolda Metro Jaya sebagai tahanan selama 20 hari kedepan.

Namun, tim kuasa Ratna berupaya mengajukan permohonan agar kliennya hanya menyandang status sebagai tahanan kota. Permohonan status Tanah kota itu bertujuan agar Ratna Sarumpaet tidak harus mendekam dibalik jeruji besi.

Baca juga: Transformasi 'Anti Klimaks' Ratna Sarumpaet

Rencananya, permohonan itu akan diajukan oleh tim kuasa hukum Ratna Sarumpaet pada hari ini Sabtu (6/10/2018), sekitar pukul 14.00 WIB. Dasarnya, kondisi Ratna yang sudah menua.

"Iya kita kan punya hak kan untuk melakukan itu. Jika tidak ada halangan kita mau ke sana ajukan itu," ucap Insank Nasrudin, salah seorang kuas hukum Ratna Sarumpaet saat dikonfirmasi.

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, permohonan itu merupakan hak dari tersangka dan keluarganya. Akan tetapi, diterima atau tidaknya permohonan itu sepenuhnya merupakan hak dari penyidik yang menangani kasus tersebut.

"Itu hak sebagai tersangka maupun keluarga tersangka, mislanya mau mengajukan permohonan untuk tahanan kota, penangguhan tahanan itu hak mereka. Silakan saja mengajukan nanti penyidim yang menilainya," papar Argo.

Baca juga: 'Uang Saku' Ratna ke Chile dari Pemprov DKI, Polisi Bicara Kemungkinan Periksa Anies Baswedan

Ratna Sarumpaet telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyebaran berita bohong atau hoaks yang menyebut bahwa dirinya telah menjadi korban penganiayaan oleh beberapa orang di kawasan Bandung, Jawa Barat.

Akibat perbuatannya penyebaran berita bohong atau hoaks itu, Ratna disangkakan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Pidana Hukum dan Undang-Undang ITE Pasal 28 juncto Pasal 45 dengan ancaman 10 tahun.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More