Forgot Password Register

Rutin Melakukan Yoga Bisa Membuat Sperma Pria Lebih Subur

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Yoga bukan hanya sekedar meditasi untuk ketenangan jiwa. Namun lebih dari itu, pria yang rutin melakukan Yoga dipercaya bisa meningkatkan kualitas spermanya.

Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah studi oleh All India Institute of Medical Sciences (AIIMS) yang bekerja sama dengan Departemen Urologi dan Obstetri dan Ginekologi. Studi tersebut diterbitkan dalam jurnal Nature Review Urology.

Baca juga: Ingin Menikah dengan Konsep Mewah Tapi 'Low Budget'? Ini Tipsnya!

Peneliti menyebutkan, pria yang sering menyempatkan waktu untuk latihan yoga bisa mempengaruhi kondisi kesuburannya. Karena itu, pria disarankan untuk berlatih yoga paling tidak 30 menit dalam sehari.

Penelitian ini dilakukan atas dasar pria kini lebih sering diprediksi mandul. Karena kondisi kualitas spermanya menurun, sehingga sering gagal punya anak.

Baca juga: Lakukan Gerakan Ini Secara Rutin, Hasilnya Sebanding dengan Berolahraga

Sementara itu, penyebab menurunnya fungsi sperma adalah karena masalah kerusakan DNA. Kerusakan DNA itu sendiri biasanya dipicu karena pengaruh stres oksidatif dimana adanya ketidakseimbangan antara tingkat radikal bebas dan kapasitas anti-oksigen dalam tubuh.

"Kerusakan DNA sperma adalah penyebab umum penyebab infertilitas idiopatik dan malformasi kongenital. Pria bisa mengalami kelainan genetik sejak anak-anak," Dr Rima Dada, dilansir Zeenews.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More