Pantau Flash
Komisioner KPU Tingkat Provinsi Dikumpulkan Pasca OTT Wahyu Setiawan
Konstruksi RDMP Kilang Balikpapan Melebihi Target
Ketut/Tania Gagal Lolos Babak Utama Thailand Master 2020
Kementan: Madiun Akan Dijadikan Pusat Pengembangan Porang
Kemenko Proyeksi Penyaluran KUR 2020 Makin Kencang

Sempat Terputus 38 Tahun, Jalur Kereta Cibatu hingga Garut Sudah Tersambung

Sempat Terputus 38 Tahun, Jalur Kereta Cibatu hingga Garut Sudah Tersambung Dua lajur rel terpasang di kawasan Stasiun Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. (Foto: Antara/Feri Purnama)

Pantau.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan, reaktivasi jalur rel kereta api sudah mulai tersambung dari Stasiun Cibatu sampai Stasiun Garut, Jawa Barat, yang direncanakan akan diuji coba rel pada akhir Januari 2020.

"Mudah-mudahan akhir Januari (2020) sudah bisa dilaksanakan uji coba dari Stasiun Cibatu ke Stasiun Garut," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 2 Bandung, Noxy Citra saat dihubungi wartawan di Garut, Selasa (14/1/2020).

Baca juga: Jalur Kereta Ciranjang-Cipatat Segera Dioperasikan Setelah Sempat Mati

Ia menuturkan, PT KAI saat ini sudah memasang rel kereta api di kawasan Stasiun Garut dan memasang rel di perlintasan jalan seperti Jalan Sudirman.

Ia menyampaikan, selama ini tahapan yang sedang diselesaikan yakni menertibkan ratusan bangunan di dua kelurahan di Kecamatan Garut Kota atau sepanjang lintasan rel sekitar 8 KM.

Pembongkaran itu, kata dia, sudah terlebih dahulu direncanakan sejak Desember 2019 dengan terlebih dahulu memberikan surat pemberitahuan untuk mengosongkan bangunan di tanah milik PT KAI.

"Kami sudah melalukan sosialisasi dan pendataan, tercatat ada 112 kepala keluarga yang terdampak penertiban," katanya.

Baca juga: Pembongkaran Bangunan Jalur Kereta Garut-Cibatu Ditunda hingga Pilpres

Sementara itu, kawasan Stasiun Garut sudah tampak jalur rel dan penataan bangunan stasiun maupun bangunan penunjang lainnya.

Seorang warga Garut Ikbal mendukung adanya reaktivasi jalur kereta api Stasiun Garut-Cibatu agar masyarakat Garut dengan mudah bepergian ke Bandung maupun ke daerah lainnya.

"Mudah-mudahan secepatnya bisa beroperasi agar warga Garut bisa menggunakan kereta api untuk pergi ke kota lain," katanya.

Sebelumnya, jalur kereta api Garut-Cibatu sudah tidak aktif sejak 1982, bahkan beberapa lokasi di jalur tersebut sudah banyak bangunan rumah penduduk.

Namun saat ini bangunan sepanjang jalur rel itu sudah ditertibkan dan terbentang rel kereta api menghubungkan Kecamatan Cibatu dengan Garut Kota.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - TIH
Category
Ekonomi