Pantau Flash
Cabor Menembak Sempat Terkendala Pajak Impor Peluru
Menko PMK Perkirakan 10 Juta Orang Butuh Kartu Pra Kerja
Safawi Rasid Dicoret dari Timnas U-22 Malaysia
LRT Beroperasi Komersil Mulai 1 Desember dengan Tarif Rp5000
Iwan Bule Lepas Timnas U-22 Indonesia ke SEA Games 2019

Seraut Wajah Bahagia dari Suriah di Tengah Mencekamnya Suara Tembakan

Seraut Wajah Bahagia dari Suriah di Tengah Mencekamnya Suara Tembakan Suasana kegembiraan ACT merayakan Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah bersama anak-anak yatim di panti asuhan di Reyhanli, Suriah. (Foto: Dok.ACT)

Pantau.com - Satu kelompok hak asasi manusia Turki membawa senyuman ke wajah anak-anak yang kehilangan tempat tinggal di Suriah!

Perhimpunan Hak Asasi Pengungsi Internasional (UMHD) pada Rabu (18/9) menyelenggarakan Festival Tanpa Perbatasan di satu sekolah dasar di Desa Nayara di Provinsi Azaz, bagian barat-laut Suriah.

Halaman sekolah dipenuhi tawa dan suara musik saat anak-anak memainkan permainan dan wajah mereka dicoret-coret. Festival enam-hari itu --yang dimulai pada Senin lalu-- akan berlangsung hingga Sabtu mendatang. "Ini adalah pertama kali saya melihat pertunjukan sulap. Semuanya indah," kata Aya Muhammad, murid yang berusia 10-tahun.

Baca juga: 5 Negara Ini Terapkan Hukuman Mati bagi Para Koruptor, Indonesia Berani?

Saya belum pernah mendapat kegembiraan seperti ini sepanjang hidup saya," kata Muhammad Ali, yang belajar di tingkat enam. Anak-anak menerima tas sekolah dan pasokan pada akhir festival, kata Kantor Berita Turki, Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis.

Festival tersebut, yang bertujuan menjangkau 10.000 anak Suriah, akan berlanjut selama empat hari di Suriah dan satu hari di kamp pengungsi Elbeyli di Provinsi Kilis, Turki Selatan.

Relawan akan menyelenggarakan kegiatan penuh kegembiraan seperti pemutaran film, pertunjukan jalanan dan lokakarya. Saat konflik di Suriah memasuki tahun kesembilannya, anak-anak di dalam negara yang dicabik perang tersebut terus memikul beban konflik.

Baca juga: Presiden Iran Hassan Rouhani: Serangan di Arab Saudi Balasan dari Yaman

Banyak anak kecil Suriah tak pernah mengetahui hidup dalam kedamaian dalam kondisi yang jorok di kamp pengungsi.

Menurut UNICEF, sebanyak 5,6 juta anak masih memerlukan bantuan kemanusiaan di Suriah, sementara 2,6 juta anak masih menjadi pengungsi di dalam negeri mereka.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: