Pantau Flash
DPRD DKI: Anies Tak Pernah Berjanji Jika Tidak Lakukan Penggusuran
Menteri BUMN Pangkas Deputi Kementerian Jadi 3
Marquez Persembahkan Treble Crown untuk Lorenzo
Sesmenpora: Tidak Mungkin Indonesia Juara Umum Sea Games
Parah! Oknum Satpol PP Bobol Bank DKI Sejak Mei dengan Kerugian Rp32 Miliar

Sering Mengalami Sakit Punggung? Bisa Jadi Karena 5 Hal Ini

Sering Mengalami Sakit Punggung? Bisa Jadi Karena 5 Hal Ini Sakit Punggung. (Foto: iStock)

Pantau.com - Jika kamu mengalami kondisi punggung pegal-pegal atau tulang belakang terasa sakit, sepertinya ada yang tidak beres pada tubuh kamu. Sakit punggung biasanya berhubungan dengan salah posisi atau efek dari membawa beban yang terlalu berat.

Namun, ada penyebab lain yang jarang diperhatikan oleh banyak orang. Apa saja? Berikut lima alasan yang mungkin menyebabkan kamu mengalami sakit pada punggung.

1. Terlalu Sering Memakai High Heels


Sepatu High Heels. (Foto: iStock)

Penggunaan high heels tak hanya bisa menegangkan otot punggung, tetapi juga bagian lain seperti tendon Achilles, lutut, pinggul dan lainnya. Mengenakan heels membuat berat tubuh kamu tergeser pada bantalan kaki, jadi lutut, pinggul maju dan punggung harus lebih ke belakang untuk menjaga keseimbangan tubuh. Risiko cedera juga meningkat jika kamu kelebihan berat badan, tidak mengenakan ukuran yang tepat atau memilih tipe heels yang menyulitkan kamu berjalan.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Tubuh Tetap Bugar Setelah Duduk Lama

2. Kasur Tidak Sesuai


Ilustrasi Tidur di Kasur. (Foto: ThinkStock)

Jika kasur yang kamu gunakan terlalu usang atau tidak cukup kuat, maka berpeluang menambah tekanan pada tubuh kamu ketika harus beristirahat di malam hari. Keselarasan tubuh harus didukung dalam posisi netral dan ini tidak akan tercapai jika permukaan tempat kamu tidur terlalu lunak atau terlalu keras. Saat kamu bangun di pagi hari dan mengalami nyeri pada punggung bawah, lakukan peregangan 15 atau 30 menit, itu bisa membantu melemaskan otot yang tegang akibat salah posisi tidur.

3.Cedera Saat Mengangkat Beban Berat


Mengangkat Beban Berat. (Foto: spineuniverse)

Beberapa orang bisa saja lupa kalau sakit punggung muncul akibat terlalu beraktivitas berat di gym atau mencoba untuk memindahkan sesuatu yang terlalu berat. Itulah sebabnya para ahli menekankan pentingnya peregangan dan melakukan latihan pemanasan sebelum melakukan kegiatan, hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya cidera pada punggung.

Baca Juga: Studi: Mariyuana Pengaruhi Frekuensi Hubungan Sex Seseorang

4. Terkena Gejala Radang Sendi


Ilustrasi Radang Sendi. (Foto: fitnessformen)

Jika kamu sudah mengganti kasur yang tidak pas dengan posisi badan kamu tetapi masih timbul rasa sakit pada punggung, itu bisa jadi karena peradangan yang berhubungan dengan radang sendi. Hal itu ditandai dengan munculnya rasa sakit yang berlangsung selama sekitar 30 menit pada pagi hari dan tiba-tiba menghilang dengan sendirinya.

5. Kebiasaan Merokok


Ilustrasi Rokok. (Foto: iStock)

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko nyeri punggung kronis. Tembakau dapat mempengaruhi aliran darah dan pengiriman oksigen ke berbagai bagian tubuh, termasuk tulang belakang. Para peneliti juga percaya bahwa merokok dapat berpotensi meningkatkan sensitivitas nyeri dan memperlambat penyembuhan, yang dapat membuat kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti fibromialgia bahkan lebih parah.

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam