Forgot Password Register

Setelah Twitter, Kini Facebook dan Instagram Hapus Ratusan Akun Terkait Pemilu AS

Setelah Twitter, Kini Facebook dan Instagram Hapus Ratusan Akun Terkait Pemilu AS Ilustrasi Facebook. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Lebih dari 100 akun Facebook dan Instagram diblokir pada malam pemilihan umum tengah semester AS yang diselenggarakan Selasa (6/11/2018). Pemblokiran akun tersebut merupakan langkah guna mengatasi kekhawatiran campur tangan asing, kata Facebook dalam sebuah pernyataan.

"Penyelidikan awal kami sejauh ini mengidentifikasi sekitar 30 akun Facebook dan 85 akun Instagram yang terlibat dalam akun otomatis atau tidak akun terkoordinasi. Kami segera memblokir akun dan melakukan investigasi secara merinci," pernyataan Facebook pada Senin malam (5 November 2018).

Hampir semua halaman di Facebook yang terlibat dalam akun tersebut dijalankan dalam bahasa Perancis dan Rusia. Sementara itu, sebagian besar akun di Instagram dijalankan dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Twitter Hapus Ribuan Akun Palsu Terkait Pemilu AS 6 November Mendatang

"Biasanya, kita akan lebih lanjut menganalisis sebelum mengumumkan sesuatu secara terbuka, namun mengingat pemilu saat ini sangat penting, kami ingin masyarakat tahu tentang tindakan kita yang telah diambil dan fakta-fakta yang ada," ucap Facebook, seperti dikutip Sputnik, Selasa (6/11/2018).

Perusahaan berjanji untuk mengetahui apakah akun tersebut berbasis badan penelitian Rusia atau badan asing lainnya.

Badan penelitian internet merupakan sebuah perusahaan Rusia yang berbasis di St. Petersburg dan mengklaim AS menggunakan media sosial dalam upaya untuk mempengaruhi hasil pemilihan presiden pada 2016. 

Baca juga: AS Awasi Campur Tangan Asing dalam Pemilu 6 November Mendatang

Share :
Komentar :

Terkait

Read More