Forgot Password Register

Setya Novanto Kembalikan Rp1,1 Miliar Kerugian Negara Akibat Korupsi e-KTP

Setya Novanto Kembalikan Rp1,1 Miliar Kerugian Negara Akibat Korupsi e-KTP Setya Novanto (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Pantau.com - Setya Novanto kembali mengembalikan uang pengganti kerugian negara akibat korupsi yang dilakukan pada kasus proyek KTP elektronik. Uang tersebut diserahkan kepada KPK melalui Unit Kerja Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi (Labuksi). 

"Hari ini Kamis, 13 September 2018, Jaksa eksekusi pada Unit Kerja Labuksi melakukan pemindahbukuan dari rekening Setya Novanto di Bank Mandiri ke rekening KPK untuk kepentingan pembayaran uang pengganti sebesar Rp1.116.624.197," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018). 

Baca juga: Pengacara Eni Sebut Setnov Pengaruhi Kliennya Terkait Isi BAP Suap PLTU Riau-1

Febri menambahkan pemindahbukuan itu dilakukan setelah Jaksa Eksekusi mendapat surat kuasa dari Novanto. Selanjutnya melalui penasihat hukumnya, mantan Ketua DPR itu akan membayar kembali sisa uang pengganti yang harus dibayarkan yaitu dari hasil penjualan aset bangunan rumah dan pemindahbukuan rekening di bank. 

"Sejauh ini Setya Novanto menyatakan akan kooperatif untuk membayar uang pengganti," kata Febri. 

Sebelumnya, Novanto dinyatakan bersalah dan dihukum kurungan penjara 15 tahun dan denda Rp500 juta atau subsider 6 bulan kurungan. Terkait denda itu sudah dibayarkan Novanto kepada KPK. 

Baca juga: Eni Saragih Akui Sempat Bertemu Setnov di Rutan KPK

Selain itu Novanto juga dihukum harus membayar uang pengganti akibat perbuatan korupsinya sebesar USD7,3 juta. Saat proses penyidikan masih berjalan, Novanto telah membayarkan Rp2 miliar pada Maret lalu. 

"Pembayaran uang pengganti berdasarkan putusan pengadilan ini merupakan bagian dari upaya Unit Labuksi KPK untuk penyelamatan kerugian keuangan negara dalam konteks asset recovery," kata Febri. 


Share :
Komentar :

Terkait

Read More