Forgot Password Register

Siap-siap, Ada Contraflow di Tol JORR Cikunir Arah Pondok Indah

Siap-siap, Ada Contraflow di Tol JORR Cikunir Arah Pondok Indah Tol JORR (Foto: Antara/Yulius Satria WIjaya)

Pantau.com - Uji coba rekayasa lalu lintas contraflow atau lawan arah akan dilakukan di ruas Jalan Tol lingkar Luar Jakarta (JORR) Cikunir arah Pondok Indah mulai 19 September hingga 3 Oktober 2018.

"Mulai besok, kami akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas contraflow di Tol JORR segmen Kalimalang-Cikunir mulai dari KM 47+750 sampai KM 45+650 mulai pukul 08.00-10.00 WIB," kata Kepala Divisi Manajemen Operasi PT JLJ, Thomas Dwiatmanto di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (18/9/2018).

Baca juga: Perbankan 'Patungan' Danai Tol Kunciran-Serpong Senilai Rp3,3 Triliun

Uji coba akan dilakukan dalam kurun waktu dua pekan dan dilakukan pada hari kerja kecuali pada hari Sabtu dan Minggu. Pelaksanaan uji coba contraflow diharapkan dapat mengurai kemacetan perjalanan pengguna jalan tol JORR di Simpang Susun Cikunir, khususnya pengguna jalan tol dari arah Bintara, Kota Bekasi menuju Pondok Indah, Jakarta.

Menurut Thomas, pengguna jalan tol selama ini terhambat oleh antrean kendaraan yang akan menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek karena pada jam-jam tersebut terjadi peningkatan volume lalu lintas angkutan barang.

"Kondisi ini merupakan dampak berakhirnya jam pemberlakuan waktu pembatasan kendaraan angkutan barang yang ditetapkan pemerintah," katanya.

Baca juga: BPN Lebak Optimis Pembebasan Lahan Pembangunan Tol Serang-Panimbang Lancar

Selain itu, adanya pekerjaan infrastruktur di koridor Jakarta-Cikampek seperti proyek Jalan Layang Cikampek II (Elevated), Light Rail Transit (LRT) dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga memengaruhi tingkat kepadatan di Jalan Tol JORR.

"Penerapan contraflow ini diharapkan mereduksi penumpukan kendaraan yang seringkali terjadi pada jam-jam sibuk dan akhir pekan terutama di SS Cikunir," katanya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More