Forgot Password Register

Survei RTK: Jokowi Masih Menjadi Capres Terfavorit, Disusul Prabowo dan AHY

Survei RTK: Jokowi Masih Menjadi Capres Terfavorit, Disusul Prabowo dan AHY Survei RTK (Foto: Pantau.com/Wila Wildayanti)

Pantau.com - Survei yang dilakukan oleh Roda Tiga Konsultan (RTK) menyebutkan Joko Widodo masih berada di urutan teratas calon presiden Pemilu 2019. Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto masih menempati capres terfavorit nomor dua di bawah Jokowi.

"Secara Top of mind responden spontan akan memilih Jokowi sebesar 38,2 persen dan Prabowo Subianto 20,5 persen, diikuti AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) 2,7 persen," ujar Direktur Riset dan Data RTK Rikola Fedri di Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (10/5/2018).

Baca juga: Survei LSI Denny JA: 11 Partai Terancam Gagal Dapat Kursi di DPR

Rikola mengungkapkan, faktor responden memilih Jokowi karena perhatian atau berpihak kepada rakyat. Sementara untuk Prabowo Subianto karena kepribadianya yang tegas.

Untuk posisi cawapres Jokowi di 2019, responden memilih Jusuf Kalla yang mendapat angka tertinggi 14,8 persen disusul AHY 10 persen. Namun, pada pilihan tertutup, AHY meningkat jadi 18,7 persen, Gatot Nurmantyo 13,5 persen, dan Sri Mulyani 6,1 persen.

"Sementara untuk cawapres Prabowo, nama Gatot Nurmantyo tertinggi yakni 22,9%, AHY 13,6%, dan Anies Baswedan di posisi ketiga 9%," ujarnya.

Baca juga: Zulhas-Gatot Bertemu, Fadli Zon Tetap 'Pede' PAN Koalisi dengan Gerindra

Sementara itu untuk elektabilitas parpol yang berada di papan atas adalah PDIP, Gerindra, Golkar, Demokrat, dan PKB. Sementara partai-partai lainnya relatif kecil, jika dibandingkan dengan survei September 2017, ada beberapa parpol yang elektabilitasnya meningkat cukup tinggi pada survei April 2018 yaitu Gerindra, PDIP, Demokrat, dan PKS. (Wila Wildayanti)

Share :
Komentar :

Terkait

Read More