Forgot Password Register

Terlalu Banyak Duduk Lebih Berbahaya Dibanding Merokok

Terlalu Banyak Duduk Lebih Berbahaya Dibanding Merokok Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Merokok memang sangat berbahaya bagi kesehatan. Tapi ada yang lebih berbahaya dari sekedar merokok, yaitu terlalu banyak duduk dan jarang bergerak.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Hentikan Kecanduan Merokok

Hal ini diungkap Spesialis Olahraga Dr.Andi Kurniawan, Sp.KO, saat melihat hasil penelitian pada 2012 dan pada 2009 yang menyebutkan merokok jadi penyebab kematian ke-6, tapi physic activity berada diurutan ke-4.

"Banyak duduk itu diteliti menyebabkan masalah kesehatan dikemudian hari, 5 hingga 10 tahun yang akan datang lagi, jadi diukur dibandingin sama ngerokok, sehingga dibilang sekarang sitting is a new smoking (duduk merokok model baru) sebanding," ujar Dr. Andi dalam acara peluncuran Crocs di Gandaria City, Jakarta Selatan, Jumat (12/4/2019).

Karena Dr.Andi menyarankan untuk tidak duduk lebih dari dua jam. Jika pun terpaksa karena tuntuan pekerjaan maka ada baiknya melakukan peregangan otot selama satu jam sekali seperti berjalan-jalan dan melakukan kegiatan lainnya.

"Intinya tiap duduk itu, maksimal hanya dua jam, setelah itu kita melakukan break, 3 hingga 5 menit melakukan peregangan streching atau jalan, atau apapun senang-senang untuk supaya melancarakan aliran darah kita lagi dalam tubuh kita," tuturnya.

Baca juga: Benarkah Vape Lebih Aman Dibanding Rokok Konvensional?

Dr.Andi juga menyoroti bagaimana pemerintah dan banyak perusahaan di Amerika mengakali kebiasaan buruk diperkantoran ini dengan membuat masyarakat dan karyawannya dapat bekerja dengan berdiri, bahkan beberapa dimodifikasi dengan peralatan olahraga.

"Jadi misalnya sekarang kalau diluar negeri di Amerika di Eropa itu udah walking desk (kerja berjalan), atau standing desk (kerja berdiri), jadi bikin komputer itu sambil ada bawahnya ada treadmill-nya segala macam sambil jalan pelan-pelan," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More