Forgot Password Register

Terseret Pelanggaran Sanksi Iran, Kepala Keuangan Huawei Ditahan

Terseret Pelanggaran Sanksi Iran, Kepala Keuangan Huawei Ditahan Kepala Keuangan Huawei Meng Wanzhou. (Foto: Reuters/Alexander Bibik)

Pantau.com - Otoritas berwenanh Kanada menahan Kepala Keuangan Huawei Meng Wanzhou atas dugaan pelanggaran terhadap sanksi Iran. Meng sendiri ditangkap di Vancouver, British Columbia.

Selain menjadi kepala keuangan di Huawei, Meng merupakan putri dari pendiri perusahaan Reb Zhengfei, seperti dilansir Anadolu, Jumat (7/12/2018).

Beberapa kantor berita yang mengutip pernyataan Departemen Kehakiman Ian McLeod mengatakan, Meng telah ditahan sejak 1 Desember lalu dan akan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Baca juga: Sebuah Reklame di Australia Bikin Heboh dan Menuai Kontroversi, Tengok Deh Gambar Ini

Wall Street Journal melaporkan pada bulan April, pemerintah Donald Trump telah memulai penyelidikan kriminal atas pelanggaran sanksi Iran yang dilakukan oleh Kepala Keuangan Huawei tersebut.

Menanggapi hal tersebut, pihak Huawei mengatakan Meng ditahan oleh otorita hukum Kanada ketika melakukan transit di bandar udara Vancouver.

"Perusahaan baru memiliki sedikit informasi tentang tuduhan tersebut dan tidak mengetahui kesalahan apa yang ditimpakan kepada Meng," kata pihak Huawei.

Baca juga: Konyol Nih, Pria Ini Nekat Menyamar Jadi Wanita untuk Membuat Video Porno

Atas penangkapan itu, Kedutaan Besar China di Ottawa melakukan protes keras, dan menyerukan pembebasan Meng Wanzhou.

"Pihak China telah menyampaikan protes keras kepada AS dan Kanada, dan mendesak mereka untuk segera mengoreksi kesalahanya serta mengembalikan kebebasan pribadi Meng Wanzhou," bunyi pernyataan yang dirilis Kedutaan Besar China di Ottawa.

Pernyataan itu juga menyebutkan, kedutaan besar China akan mengambil semua langkah untuk melindungi hak dan kepentingan sah warga negaranya.

Huawei adalah salah satu penyedia peralatan dan layanan telekomunikasi terbesar dunia. Dalam statistik penjualan smartphone, Huawei telah melampaui omset penjualan Apple pada kuartal kedua tahun ini.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More