Forgot Password Register

Headlines

Timnas U-19 Indonesia Telan Kekalahan Pertama dari Thailand

Timnas U-19 Indonesia Telan Kekalahan Pertama dari Thailand Hanis Saghara. (Foto: Antara/Zabur Karuru)

Pantau.com - Tim nasional U-19 Thailand mampu mengalahkan Indonesia dengan skor tipis 2-1 dalam laga pamungkas turnamen AFF Cup U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (9/7/2018) malam. Atas hasil ini, Garuda Nusantara pun keluar sebagai runner-up grup A mendampingi The War Elephants.

Dua gol timnas Thailand dicetak oleh Nattawut Chootiwat di menit ke-41 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti. Kemudian gol kedua terjadi di menit ke-50 setelah Matee Sarakum memanfaatkan umpan silang dari Nakin Wisetchat. Sementara, gol tunggal Indonesia diciptakan oleh Muhammad Rifad setelah berhasil memanfaatkan bola muntah Todd Rivaldo.

Pada babak pertama, di menit ke-16 pemain Thailand Sittichock Paso hampir saja membuka peluang gol melalui tendangan keras di luar kotak penalti, tetapi masih bisa ditepis kiper Indonesia M Aqil Savik kedudukan masih 0-0.

Menit ke-27 Thailand terus melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Indonesia, melalui tendangan keras Nakin Wisetchat yang masih bisa di blok oleh M Aqil Savik dan kedudukan masih 0-0. Selama 30 menit berselang, permainan lebih banyak didominasi oleh Thailand dan praktis permainan hanya terjadi separuh lapangan.

Nattawut Chootiwat di menit ke-41 akhirnya bisa menjebol pertahanan Indonesia melalui tendangan keras dari luar kotak penalti. Kedudukan 1-0 untuk kemenangan Thailand hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia belum banyak menguasai jalannya pertandingan dimana beberapa kali serangan yang dilakukan masih kandas di kaki pemain belakang Thailand.

Menit ke-50 Thailand malah menambah skor setelah memanfaatkan umpan silang dari Nakin Wisetchat yang ditepis pelan oleh Matee Sarakum. Skor 2-0 untuk keunggulan Thailand.

Tertinggal dua gol membuat anak asuh Indra Sjafri mulai melakukan inovasi dengan memanfaatkan bola-bola pendek untuk menggebrak pertahanan Thailand. Namun serangan yang dilakukan belum bisa membuahkan hasil, karena masih bisa dipatahkan oleh timnas Thailand. Kedudukan masih 2-0 untuk kemenangan Thailand.

Menit ke-76 Indonesia sebenarnya mendapatkan kesempatan melalui tendangan bebas yang dilakukan Saddil Ramdani, tetapi tendangan yang dilakukan masih berada di sebelah kiri gawang Nopphon Lokhonphon.

Menjelang akhir pertandingan, di menit ke-84, Indonesia memperkecil ketertinggalan setelah Muhammad Rifad memanfaatkan bola muntah Todd Rivaldo. Skor menjadi 2-1 untuk kemenangan Thailand hingga peluit panjang dibunyikan.

Pelatih Timnas Thailand U-19 Ithshara Sritharo mengatakan para pemain Thailand bermain dan bertarung dengan baik sampai dengan menit terakhir. Ia berharap timnya bakal bertemu lagi di final AFF Cup U-19. "Kemungkinan masih bisa bertemu dengan Indonesia pada final," ujarnya.

Sementara itu, pelatih Indonesia Indra Sjafri mengaku timnya kurang fokus hingga pemainnya banyak melakukan kesalahan. Untungnya babak kedua bisa berkembang dan mencetak angka,  ia berharap juga nantinya bakal bertemu Thailand di final.

"Main diagonal dan bermain dengan lawan. Karena "pressure" dari Thailand ingin memaksakan menang dan dibuat kurang nyaman dengan tim," katanya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More