Forgot Password Register

Tolak Reformasi Pendidikan di Perancis, 32 Siswa Ditahan Polisi

Tolak Reformasi Pendidikan di Perancis, 32 Siswa Ditahan Polisi Tempat sampah dibakar sejumlah pemuda dan pelajar SMA dalam demonstrasi menentang rencana reformasi pemerintah Prancis di Marseille, Prancis. (Foto: Reuters/Jean-Paul Pelissier)

Pantau.com - Polisi menahan 32 pelajar yang berpartisipasi dalam unjuk rasa yang menentang kebijakan pemerintah Perancis terkait dengan masalah pendidikan.

Enam siswa ditahan dalam demonstrasi di Stralingrad Square di Bordeaux setelah mereka merusak kendaraan dan melemparkan proyektil kepada pihak kepolisian yang berjaga.

Berbagai perubahan kebijakan terjadi selama kepemimpinan Presiden Emmanuel Macron, termasuk pada Ujian Baccalaureate, yang harus dilalui mahasiswa sebagai salah satu syarat masuk perguraan tinggi.

Baca juga: Rusuh di Prancis Picu Turki Keluarkan Peringatan Perjalanan

Tidak hanya itu, di bagian selatan Toulouse, 13 siswa lainnya ditahan karena telah merusak fasilitas publik dan menyerang petugas kepolisian, seperti dilansir Anadolu, Kamis (6/12/2018).

Ketegangan juga meliputi area Henin-Beaumont, di mana kelompok mahasiswa melakukan aksi protes dengan membakar sejumlah tempat sampah di depan sekolah mereka.

Pada Senin, sekitar 100 sekolah menegngah atas di seluruh negeri diblokade oleh para pelajar yang memprotes reformasi pendidikan.

Baca juga: Macron: Gerakan Rompi Kuning Penyebab Demonstrasi Besar-besaran

Share :
Komentar :

Terkait

Read More