Forgot Password Register

Trump Tuding China Pengaruhi Korea Utara Buyarkan Denuklirisasi Semenanjung Korea

Trump Tuding China Pengaruhi Korea Utara Buyarkan Denuklirisasi Semenanjung Korea Presiden AS Donald Trump dengan Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Presiden Donald Trump mengatakan China berusaha untuk menggagalkan upaya AS dalam program denuklirisasi Korea Utara. 

"Mungkin (China) melakukan tekanan negatif sebagai reaksi terhadap tarif AS yang menghukum atas barang-barang China," kata dia melansir Reuters, Selasa (10/7/2018).

Baca juga: Presiden Turki Angkat Menantu Jadi Menkeu, Mata Uang Lira Merosot Tajam

Namun ia yakin, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan setia pada janji tersebut. 

"Saya yakin Kim Jong-un akan menghormati kontrak yang kami tanda tangani, dan yang lebih penting lagi, jabat tangan kami. Kami setuju dengan denuklirisasi Korea Utara," kata Trump. 

Baca juga: 5 Anak Masih Terjebak di Gua Tham Luang Thailand

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo melaporkan kemajuan dari pembicaraan tingkat tinggi pertama sejak Trump dan Kim bertemu di Singapura.

Setelah KTT Trump-Kim 12 Juni di mana Kim membuat kesepakatan luas untuk bekerja menuju denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Trump melanjutkan dengan mengatakan bahwa Korea Utara tidak lagi menjadi ancaman nuklir, meskipun tidak ada rincian yang diumumkan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More