Forgot Password Register

Uni Eropa Sebut Nilai Keberagaman di Indonesia Tercoreng Bom Surabaya

Uni Eropa Sebut Nilai Keberagaman di Indonesia Tercoreng Bom Surabaya Ilustrasi Garis Polisi (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Juru bicara Hubungan Internasional dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa Maja Kocijancic menilai serangan bom terhadap masyarakat yang menjalankan ibadah di tiga gereja di Kota Surabaya bertentangan dengan tradisi budaya keberagaman di Indonesia.

"Budaya ini merupakan sumber inspirasi untuk banyak pihak di berbagai belahan dunia, khususnya di saat-saat adanya ketegangan, seperti sekarang," kata Maja melalui keterangan tertulis, Senin (14/5/2018).

Komunitas Uni Eropa juga menyampaikan bela sungkawa kepada para sahabat dan pihak keluarga korban yang tewas dalam tiga ledakan bom terpisah, dan mengharapkan yang terbaik untuk pemulihan dari para korban luka.

Baca juga: Pemerintah Singapura Kutuk Keras Aksi Bom Surabaya

Dalam pernyataannya tersebut dia juga menyampaikan bahwa Uni Eropa akan terus bekerja sama erat dengan Indonesia dalam upayanya melawan terorisme dan radikalisme.

"Kami berdiri dalam solidaritas dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia," ujar Maja.

Sejumlah negara sahabat juga menyampaikan pernyataan sikap dan belasungkawa atas peristiwa teror yang terjadi di Surabaya.

Pemerintah Korea Selatan menyampaikan belasungkawa kepada para korban dan keluarga korban yang ditinggalkan dan semoga semua korban luka dapat segera pulih.

Baca juga: Malcolm Turnbull Soal Teror Bom Jatim: Mereka Cemarkan Nama Baik Islam

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono turut menyampaikan rasa simpati serta belasungkawa kepada para korban meninggal beserta keluarga mereka, serta simpati yang mendalam kepada seluruh korban luka yang saat ini dalam perawatan di rumah sakit.

Sementara itu, Pemerintah Amerika Serikat melalui Kedutaan besarnya di Jakarta juga mengutuk serangan bom yang terjadi di tiga gereja di Surabaya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More