Pantau Flash
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni
Rapimnas Gerindra Minta Prabowo Kembali Pimpin Partai
Akibat COVID-19, BKPM Akan Revisi Target Realisasi Investasi
BMKG Prediksi Banjir Rob di Cirebon Terjadi hingga 6 Juni

Kata Menteri Edhy, Begini Penanganan Industri Perikanan di Tengah Korona

Kata Menteri Edhy, Begini Penanganan Industri Perikanan di Tengah Korona Menteri KKP, Edhy Prabowo. (Foto: Antara)

Pantau.com - Komisi IV DPR RI menggelar rapat kerja (raker) virtual bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membahas sebagai tindak lanjut Inpres Nomor 4 Tahun 2020 tentang refocussing kegiatan, realokasi anggaran, serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka Percepatan Penanganan virus Korona atau COVID-19.

Rapat kerja dengan Menteri KKP, Edhy Prabowo dipimpin oleh Ketua Komisi IV Sudin. Menteri Edhy menyebut upaya yang dilakukan pihaknya untuk percepatan penanganan dampak COVID-19 ini ada beberapa macam.

Baca juga: Menteri Edhy Pastikan Perikanan Tetap Berjalan di Tengah Pandemi COVID-19

Adapun yang dijalankan, KKP telah meminta diberikan akses bagi kelancaran pengiriman logistik input produksi dan hasil suplai.

"Kemudian badan layanan usaha lembaga penguatan modal usaha kelautan dan perikanan (BLU-LPMUKP), memberikan kemudahan restrukturisasi pinjaman terkait pembayaran angsuran pokok dan bunga pinjaman bagi hasil jika ada usaha nasabah yang terdampak COVID-19. Kemudian akan dilakukan atas penilaian persetujuan dan penilaian tenaga pendamping LPMUKP," ujar Menteri Edhy seperti di Pantau dari live streaming, Senin (6/5/2020). 

Ia juga menerbitkan surat edaran tentang pelayanan kesyahbandaran antara lain, melalui pemberian diskresi, penerbitan SPB (surat persetujuan berlayar), sebatas pemeriksaan dokumen, penambahan masa berlaku SPB untuk kapal 30 GT dan penerapan SPB on call untuk kapal 30 GT.

Baca juga: Di Tengah Wabah Korona, Menteri Edhy: KKP Akan Berikan Layanan Terbaik

"Terakhir yakni KKP tetap memberikan pelayanan perizinan berusaha kepada pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan," paparnya.

Pihaknya juga dalam rapat kali ini akan menerima semua saran, arahan dan acuan dari Anggota Komisi IV DPR RI. "Kami sangat terbuka untuk meningkatkan kinerja KKP," tuntasnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: