Pantau Flash
15.126 Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Sembuh
Ketua Dewan Positif COVID-19, Gedung DPRD Bogor Disterilisasi
Kebijakan Tarik 'Rem Darurat' Dianggap Berhasil, Anies Perpanjang PSBB
Selama Periode 2016-2020 Tercatat 157 Pegawai KPK Telah Mengundurkan Diri
Presiden Jokowi Sebut Pemerintah Tak Bisa Sendirian Atasi COVID-19

Perkuat Pengawasan, PSO Bea Cukai Sorong dan Polairud Jalin Sinergi

Perkuat Pengawasan, PSO Bea Cukai Sorong dan Polairud Jalin Sinergi Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea Cukai Sorong. (Foto: Humas Bea Cukai)

Pantau.com - Patroli laut terus digalakkan oleh Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea Cukai Sorong di tengah pandemi COVID-19 untuk melindungi masyarakat dari keluar masuknya barang ilegal ke Indonesia.

Hal ini diungkapkan Kepala PSO Bea Cukai Sorong, Gerald Prawira Hasoloan, Rabu (16/9/2020). Salah satu bentuk optimalisasi pengawasan laut ialah sinergi antara PSO Bea Cukai Sorong dan Kepolisian Air dan Udara (Polairud) melalui pelaksanaan Apel Patroli Laut Jaring Wallacea Periode II Tahun 2020, yang dilaksanakan pada tanggal 11 September 2020.

Baca juga: Bea Cukai Juanda Gagalkan 25 Kasus Rokok Ilegal dalam Paket Barang Kiriman

Menurut Gerald pelaksanaan Patroli Laut Jaring Wallacea merupakan bagian dari fungsi yang dijalankan Bea Cukai, yaitu melindungi industri dalam negeri dari ancaman penyelundupan barang ilegal, khususnya penyelundupan melalui jalur laut.

"Wilayah pengawasan Kantor Wilayah Bea Cukai Khusus Papua memiliki banyak titik rawan dan berpotensi terjadi penyelundupan. Beberapa komoditas yang menjadi sasaran utama patroli, yaitu ballpress (pakaian bekas impor), minuman keras ilegal, kayu, dan narkotika,” katanya dalam rilis yang diterima Pantau.com, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: Bentuk Dukungan Instansi Pemda Bersama Bea Cukai Berantas Rokok Ilegal

Gerald juga menyampaikan amanat Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasi Kanwilsus Bea Cukai Papua, Yahyakan dalam apel Patroli Laut Jaring Wallacea yang dihadiri Dir. Kombespol Polairud Polda Papua Barat, Eko Irianto tersebut.

“Seperti Kepolisian, Bea Cukai pun telah memiliki catatan sejarah yang panjang dalam pelaksanaan tugas di laut, baik pelaksanaan tugas bidang pengawasan dan penegakan hukum bidang kepabeanan dan cukai maupun tugas lainnya. Untuk itu, sinergi sinergi kedua belah pihak akan terus dilakukan sesuai dengan tugasnya masing-masing sebagai aparat negara dan kami berharap semoga keamanan di wilayah Papua Barat dapat semakin terjaga,” pungkas Gerald.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: