Pantau Flash
Shin Tae-yong Keukeuh Angkut Timnas TC ke Korsel daripada Eropa
Erick Thohir: Pemerintah Berupaya Tingkatkan Produksi Vaksin COVID-19
Biaya Suntik Vaksin COVID-19 Akan Ditanggung Pemerintah
Kemendikbud Terbitkan Kepmen 719/P/2020 Tentang Kurikulum Darurat
Dishub DKI Sebut Ganjil Genap Bisa Berlaku Seharian Tanpa Skema Waktu

Waduh, Pemegang Waralaba Pizza Hut Terancam Bangkrut

Headline
Waduh, Pemegang Waralaba Pizza Hut Terancam Bangkrut Pizza Hut. (Foto:Wiratech)

Pantau.com - Pemegang waralaba restoran Pizza Hut terbesar di Amerika Serikat, NPC International Inc mengajukan pailit. Bisnis Pizza Hut bangkrut akibat penutupan restoran terdampak COVID-19 dan juga tekanan kompetitif dalam industri restoran.

NPC mengajukan Chapter (bab) 11 di Pengadilan Distrik Texas pada Rabu 1 Juli 2020 waktu setempat. Bab 11 biasanya diambil perusahaan untuk melakukan restrukturisasi utang demi menghindari kebangkrutan.

Untuk diketahui, NPC didirikan pada tahun 1962, mereka mengoperasikan 1.227 Pizza Hut dan 393 toko Wendy’s di seluruh AS. NPC dan Pizza Hut telah berjuang dengan meningkatnya biaya tenaga kerja dan makanan sambil mencoba memperluas bisnis.

Baca juga: 5 Restoran Cepat Saji Terbaik di Dunia

Perusahaan Overland Park, yang berbasis di Kansas juga menghadapi persaingan ketat dari para pesaing seperti Domino's Pizza Inc. dan Papa John's International Inc.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (2/7/2020), NPC memiliki utang USD903 juta dan telah melakukan pra-negosiasi perjanjian restrukturisasi dengan sekitar 90 persen dari pemberi pinjaman lien pertama (kreditur pertama) dan 17% dari pemberi pinjaman kedua. Namun pengajuan Bab 11 tidak berarti Pizza Hut dan Wendy’s bangkrut. NPC dapat terus beroperasi saat sedang menyusun rencana untuk membayar tagihan dan membalikkan bisnis.

Lantas kebangkrutan ini tidak mempengaruhi ribuan gerai Pizza Hut dan Wendy’s lainnya yang dimiliki oleh pemegang waralaba lain. Berdasarkan kesepakatan dengan para kreditornya, NPC akan mulai mencoba menjual restoran Wendy’s dalam beberapa hari mendatang.  Sementara itu, perusahaan memiliki waktu hingga 24 Juli untuk membuat kesepakatan dengan kreditor tertentu dan Pizza Hut mencoba merestrukturisasi bisnis pizza NPC.

Baca juga: Awas! Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Cepat Saji Bisa Buat Remaja Depresi

Apabila mereka tidak dapat mencapai kesepakatan, NPC akan mencoba menjual sejumlah restoran Pizza Hut yang tidak ditentukan, menurut garis besar restrukturisasi yang diajukan ke pengadilan.

"Sementara pengajuan Bab 11 NPC diharapkan, kami melihatnya sebagai kesempatan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik untuk restoran Pizza Hut NPC," kata juru bicara Pizza Hut dalam pernyataan emailnya.

"Kami bekerja dengan NPC dan pemberi pinjamannya untuk memastikan bahwa restoran Pizza Hut NPC muncul dari proses ini dengan dukungan yang mereka butuhkan untuk berhasil," tukasnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: