Pantau Flash
KPK Tetapkan Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin Tersangka
Covid-19 RI 16 Oktober: Kasus Positif Naik 997 dengan Pasien Sembuh 1.525
Buntut Kabur Karantina, Polda Metro Jaya Bakal Periksa Rachel Vennya 21 Oktober
Polda Metro Gerebek Holywings Tebet, Ada Ratusan Orang Masih Berkerumun
Jokowi Ogah Manjakan BUMN Sakit: Terlalu Sering Dapat Proteksi, Maaf Enak Sekali

Jembatan Sei Alalak Resmi Dibuka Usai Perintah Jokowi, Ratusan Kendaraan Langsung Melintas

Jembatan Sei Alalak Resmi Dibuka Usai Perintah Jokowi, Ratusan Kendaraan Langsung Melintas Pengendara melintas di Jembatan Sei Alalak yang menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala di Kalimantan Selatan. (Foto: Antara/Firman)

Pantau.comJembatan Sei Alalak yang menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala di Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dibuka untuk uji coba mulai hari ini.

"Pembukaan jembatan ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. Namun sifatnya baru uji coba," terang Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel Syauqi Kamal saat mengawasi langsung pembukaan jembatan, Minggu sore (26/9/2021).

Selama masa uji coba, hanya kendaraan roda dua dan roda empat alias mobil penumpang yang diperbolehkan melintas. Sedangkan untuk kendaraan berat seperti truk dan mobil angkutan lainnya belum diperbolehkan. "Kami mohon masyarakat dapat memahaminya. Jadi bagi yang belum boleh melintas tetap melalui jalur alternatif di Jembatan Sei Alalak 2," jelasnya.

Baca juga: Warga Keluhkan Kemacetan, Jokowi Perintahkan Jembatan Sei Alalak Kalsel Segera Dibuka

Sementara Karo Ops Polda Kalsel Kombes Pol Moch. Noor Subchan yang turut memantau pembukaan jembatan mengingatkan pengendara yang melintas tetap tertib dan mematuhi arahan petugas. "Jadi jangan berhenti di atas jembatan misalnya untuk foto-foto. Begitu juga pejalan kaki belum diperbolehkan melintas," katanya.

Untuk memastikan terjaganya ketertiban di atas jembatan, Subchan mengungkapkan ada pengerahan petugas gabungan dari Polri dan Dinas Perhubungan. Dibukanya jembatan pada pukul 15.30 WITA hari ini langsung disambut suka cita masyarakat.

Ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat melintas memenuhi jembatan tanpa henti. "Alhamdulilah akhirnya jembatan selesai juga dibangun dan hari ini bisa dilewati. Hampir tiga tahun terjebak macet di jalur alternatif," ucap Fatmasari, seorang warga yang melintas.

Baca juga: Heboh Rapat Paripurna Cekcok hingga Bupati Solok Walk Out, Ternyata Bermula dari Hal Ini

Jembatan Sei Alalak sepanjang 850 meter dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Kalimantan Selatan Direktorat Jenderal Bina Marga menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun.

Menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala dan menjadi akses utama ke Kalimantan Tengah, jembatan itu menjadi ikon baru Provinsi Kalimantan Selatan dengan struktur uniknya lengkung dan pertama di Indonesia.

Ada rencana Presiden Joko Widodo meresmikan secara langsung pembukaan jembatan ikonik itu akhir tahun ini seiring rampungnya pembangunan terhitung 24 September 2021.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Noor Pratiwi
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: