Pantau Flash
Merasa Percaya Diri karena Sudah Divaksin Turut Pengaruhi Lonjakan Kasus COVID-19
Hindari Kerumunan, Kemenag Wajibkan Panitia Kurban Antar Daging ke Rumah Penerima
Pemerintah Izinkan Shalat Idul Adha Digelar di Masjid di Luar Zona Merah dan Oranye
Wapres Sebut MUI Terapkan Moderasi dalam Fatwa Vaksin COVID-19
Pemerintah Anggarkan Rp2 Triliun untuk Bayar Utang ke Guru dan Dosen Agama

Puan Ingin Ada Evaluasi Kebijakan Larangan Mudik pada 3 Hari Terakhir

Puan Ingin Ada Evaluasi Kebijakan Larangan Mudik pada 3 Hari Terakhir Ketua DPR RI Puan Maharani bersama rombongan hendak melakukan peninjauan posko penyekatan cek poin Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (9/5/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Pantau.com - Ketua DPR RI Puan Maharani akan meninjau pelaksanaan larangan mudik di tiga provinsi, yakni Lampung, Banten, dan Jawa Tengah untuk memastikan kebijakan tersebut berjalan efektif dalam menekan penyebaran COVID-19.

"Mari kita menunda mudik demi kebaikan bersama," kata Puan Maharani melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (09/05/2021).

Puan akan menempuh perjalanan ke tiga provinsi tersebut menggunakan helikopter. Fokus lokasi yang bakal didatangi ialah posko-posko penyekatan kendaraan.

Baca Juga: DPR Usulkan Larangan Kedatangan WNA Selama Program Pelarangan Mudik

"Kami ingin ada evaluasi berdasarkan pelaksanaan kebijakan tiga hari terakhir," ujar politisi PDI Perjuangan tersebut.

Lokasi pertama yang akan didatanginya adalah Pelabuhan Bakauheni di Provinsi Lampung. Setelah itu peninjauan dilanjutkan ke Pelabuhan Merak, Provinsi Banten.

Seusai dari Banten, mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu akan bergeser ke Brebes, Jawa Tengah. Dari sana, Puan akan meninjau aktivitas penyekatan pemudik di Tol Pejagan.

Menurut Puan, efektivitas peniadaan mudik pada Lebaran tahun ini hanya bisa dicapai dengan kebersamaan dan kedisiplinan semua pihak.

Bukan hanya petugas dan dukungan pemerintah daerah, tetapi juga kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menahan diri agar tidak mudik demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Butuh konsistensi untuk melaksanakan aturan larangan mudik sampai arus balik," ujarnya pula.

Baca Juga: Epidemiolog: Lebih Baik Mudik dan Wisata Dibatasi, Bukan Dilarang!

Pemerintah daerah diminta ikut membantu program tersebut terutama memantau dan pelacakan pemudik yang pulang sebelum adanya aturan larangan agar tidak ada penyebaran virus.

Pada 5 Mei 2021, Puan telah mengecek persiapan pelaksanaan penyekatan arus mudik di beberapa titik di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. DPR RI akan terus mengawasi pelaksanaan larangan mudik, sementara itu, aparat di lapangan harus bertugas dengan humanis namun tetap tegas.


Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Denis Syaiful Arif

Berita Terkait: