Pantau Flash
Baku Tembak dengan TNI-Polri, 2 Teroris MIT Poso Tewas
Update COVID-19 RI: Kasus Positif Naik 6.680 dengan Total 1.341.314
BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia
Pengamat Sebut Legalitas Minuman Beralkohol Bisa Ciptakan Lapangan Kerja
Presiden Jokowi Resmikan KRL Lintas Yogyakarta-Solo

Saung Angklung Udjo Terancam Bangkrut, Begini Usulan Pemkot Bandung

Headline
Saung Angklung Udjo Terancam Bangkrut, Begini Usulan Pemkot Bandung Sekda Kota Bandung Ema Sumarna. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Pantau.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendorong agar Saung Angklung Udjo mengajukan permohonan bantuan kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memulihkan keterpurukan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan pengajuan tersebut bisa disampaikan melalui asosiasi. Sehingga aspirasi dari badan usaha sejenisnya dapat tertampung melalui wadah asosiasi tersebut.

"Karena kita tahu Saung Angklung Udjo relatif tidak ada kegiatan, artinya bisa mati juga, padahal aset luar biasa," kata Ema di Bandung, Jawa Barat, Senin (25/1/2021).

Baca juga: Mengejutkan! Lapan Beberkan Penyebab Dentuman di Langit Bali, Ternyata karena.....

Menurut Ema, sejumlah sektor usaha lainnya seperti pusat perbelanjaan, restoran, dan hotel aspirasinya telah tertampung melalui asosiasi seperti Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Untuk itu, ia pun meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung agar menyiasati Saung Angklung Udjo yang terancam bangkrut tersebut.

Selain pemulihan ekonomi, ia pun mendorong agar destinasi wisata mancanegara itu menciptakan inovasi dan kreasi baru guna meningkatkan ketertarikan pengunjung.

"Mereka mau melakukan apa, pemerintah pendekatannya ya dengan mendukung," kata Ema.

Baca juga: Kisah Pilu Satu Keluarga di Sumbar, Alami Gangguan Jiwa dan Ditinggal Sang Ayah

Sejauh ini Saung Angklung Udjo yang berlokasi di Jalan Padasuka Atas, Kota Bandung, Jawa Barat itu terancam bangkrut akibat minimnya pengunjung yang hadir akibat pandemi COVID-19.

Sejak adanya pandemi, wisata berbasis budaya itu telah memecat hampir 90 lebih pegawai yang bekerja di tempat tersebut.

 

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: