Pantau Flash
Baleg DPR Agendakan Raker dengan Pemerintah Sebelum Bahas RUU Ciptaker
PSBB DKI Jakarta Berlaku Mulai Jumat 10 April 2020
Laboratorium Rapid Test PCR Korona RSPAD Gatot Soebroto Segera Beropersi
Pemerintah: 14.354 Spesimen Telah Diperiksa untuk Deteksi COVID-19
Menkeu: 11,9 Juta Nasabah KUR Dapat Penundaan Cicilan Pokok dan Bunga

Soal Rekomendasi PDIP di Pilkada Surakarta, Gibran di Atas Angin

Soal Rekomendasi PDIP di Pilkada Surakarta, Gibran di Atas Angin Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Antara/R. Rekotomo)

Pantau.com - Pengamat politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing memprediksi DPP PDI Perjuangan akan memberikan rekomendasi kepada Gibran Rakabuming Raka sebagai calon peserta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020.

"Prognosa saya, PDIP cenderung akan mengusung Gibran. Peluang Gibran (direkomendasi) lebih besar," kata Dr. Emrus Sihombing di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Baca juga: PDIP Bukan Bingung, tapi Sengaja Tunggu Lawan di Pilkada Surakarta

Menurut dia, setidaknya ada empat alasan Gibran lebih berpeluang, yakni pertama Gibran punya popularitas, kemudian tingkat akseptabilitas keterpilihannya sejauh ini juga bagus.

Ketiga, kata dia, sejauh ini belum ada persepsi negatif terhadap rekam jejak Gibran, dan terakhir yang tidak kalah penting adalah putra dari Presiden RI Joko Widodo.

"Banyak orang bilang enggak ada hubungannya putra Presiden atau bukan. Menurut saya, ini sangat berpengaruh. 'Jokowi effect' ini berpengaruh terhadap Gibran," katanya.

Bahkan, Direktur Eksekutif Emrus Corner itu menegaskan bahwa Gibran justru diuntungkan sebagai putra presiden dalam kontestasi politik sekarang ini.

"Dalam konteks pertarungan sekarang ini, menurut saya menguntungkan (bagi Gibran). Bagaimanapun juga kekuasaan itu, sekecil apa pun, apalagi besar, pasti berpengaruh," katanya.

Baca juga: Begini Tanggapan Gibran Soal Calon Independen di Pilkada Surakarta

Emrus melihat sampai saat ini Jokowi pun tidak menunjukkan sinyal mendukung atau tidak mendukung terhadap anaknya yang ingin maju pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020.

"Jokowi 'kan tidak memberi sinyal dukungan atau tolakan. Kalau tidak mendukung dan menolak, saya lebih mempersepsikan mendukung," ujarnya.

Mengenai anggapan politik dinasti dengan majunya Gibran, Emrus melihat tidak akan terlalu berpengaruh pada elektabilitas Gibran dalam pilkada.

"Memang dia anak biologis dari Presiden. Bisa juga orang melihat seperti itu, tergantung pada kacamata mana melihatnya. Namun, saya melihat dari ukuran objektif, apakah melanggar peraturan atau tidak," katanya.

Sebelumnya, DPP PDI Perjuangan resmi menunda pengumuman rekomendasi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020 bersama dengan Makassar dan Bali.

Pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020, Gibran tidak sendiri menunggu rekomendasi dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan sebab ada Achmad Purnomo yang juga menunggu rekomendasi.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - RZK

Berita Terkait: