Pantau Flash
Khofifah Minta Warga Jatim Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap OTG
CEO Leipzig Bantah Soal Transfer Timo Werner ke Chelsea
Jubir Presiden Kazakhstan Positif COVID-19
Survei: Sejak Pandemi, Aktivitas Anak Main Game Komputer Berkurang
Bayi 50 Hari Asal Cirebon Positif Korona Usai Diajak Orangtua ke Hajatan

Tiga Karyawan Freeport Ditembaki KKB di Papua, Satu Orang Tewas

Tiga Karyawan Freeport Ditembaki KKB di Papua, Satu Orang Tewas Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Amin H Al Bakki)

Pantau.comTiga orang karyawan PT Freeport Indonesia di Papua ditembak gerombolan bersenjata pada pukul 14.00 WIT, Senin (30/3/2020). Akibatnya satu karyawan dilaporkan meninggal.

Ketiga karyawan yang dilaporkan ditembak, yaitu Jibril MA Bahar dan Ucok Simanungkalit. Semula informasi beredar menyatakan bahwa ada seorang perempuan bernama Yosephine tertembak, namun ternyata bukan dia.

Saat ini mereka dirawat di RS Kuala Kencana. Adapun seorang WNA bernama Greme Thomas Wall, yang merupakan konsultan layanan pusat. Ia meninggal dunia akibat luka tembak yang diderita.

Baca juga: Virus Korona di Papua: 7 Positif, 43 PDP dan 2.133 ODP

Grame Thomas Wall berkewarganegaraan Selandia Baru yang bekerja pada bagian konstruksi di kawasan dataran rendah PT Freeport Indonesia.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata di Timika mengatakan Grame meninggal dunia tak lama setelah tertembak peluru senjata tajam KKB.

"Satu korban meninggal dunia berkewarganegaraan Selandia Baru. Rencananya jenazahnya akan diterbangkan ke Selandia Baru pada esok hari," kata AKBP Era Adhinata.

Baca juga: Benny Wenda Ingatkan untuk Melawan Korona Demi Kemerdakaan Papua

Sementara itu, Kepala Polda Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw, mengaku gerombolan bersenjata yang berulah kali ini adalah gerombolannya Joni Botak, yang menjadi pelaku penembakan diareal Kantor Office Building PT Freeport Indonesia Kuala Kencana, Timika, Papua, Senin siang.

​​​"KKB dilaporkan melakukan penyerangan dengan menembaki karyawan saat berada di OB 1 Kuala Kencana. Belum ada laporan terkait pengejaran yang dilakukan tim gabungan, karena anggota masih di lapangan," kata Waterpauw, seraya menambahkan, KKB pimpinan Joni Botak memang beroperasi di sekitar Kali Kopi.

Kawasan OB 1 merupakan perkantoran milik PT Freeport Indonesia, yang berada di Kuala Kencana yang juga merupakan pemukiman karyawan pertambangan terbesar di Indonesia.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: