Pantau Flash
Cair H-10! Sri Mulyani Siapkan Rp30,6 Triliun untuk THR PNS
Muhammadiyah Minta Warga Tahan Diri Tak Mudik Lebaran
Eks Ketua Pengadaan Bakamla Didakwa Rugikan Negara Rp63,829 Miliar
KRI Nanggala-402 Hilang Kontak, Menhan Prabowo: Segera Modernisasi Alutsista 3 Matra
Update COVID-19 22 April: Kasus Positif Naik 6.243 dengan Total 1.626.812

Ini Alasan PB PASI Yakin Meminang Luhut sebagai Ketua Umum

Headline
Ini Alasan PB PASI Yakin Meminang Luhut sebagai Ketua Umum Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)

Pantau.com - Munculnya nama Luhut Binsar Pandjaitan sebagai kandidat tunggal calon ketua umum PB PASI menjelang Kongres PASI 2021 yang akan digelar Senin (25/1), mendapat dukungan penuh dari induk organisasi atletik nasional. Pasalnya, figur tersebut mempunyai pengalaman kepengurusan olahraga dan diplomasi yang baik.

"Luhut dinilai cocok memimpin PB PASI. Selain memiliki pengalaman memimpin organisasi olahraga yaitu FORKI, ia juga punya kemampuan diplomasi yang sangat baik, sehingga memungkinkan untuk menjalin kerja sama dengan negara lain dalam meningkatkan kualitas atletik Indonesia," kata Sekjen PB PASI Tigor Tanjung dalam keterangan resminya, Minggu (24/1/2021).

Baca juga: Luhut Calon Tunggal Ketua PB PASI Periode 2021-2025

Sebelum Luhut menjadi calon tunggal, PB PASI sudah melakukan pendekatan pada sejumlah sosok yang dinilai cocok memimpin organisasi. Tapi akhirnya hanya Menteri Koordinator Maritim dan Investasi yang menyatakan keseriusannya untuk menjadi Ketua Umum PB PASI.

"Jadi, kami meminang beliau untuk memimpin PB PASI," ujar Tigor menceritakan.

Menjelang penyelenggaraan kongres, Tigor memastikan seluruh Pengprov PASI telah menyatakan dukungan penuh kepada Luhut untuk memimpin PB PASI.

Hingga Jumat, dari 34 pengprov, baru 31 yang menyatakan dukungannya kepada Luhut. Namun sekarang dukungan penuh dari seluruh pengprov sudah dilayangkan ke PB PASI untuk memilih Menko Luhut menjadi ketua umum periode 2021-2025.

"Sehingga dipastikan dalam Kongres nanti, pemilihan ketua umum akan berlangsung secara musyawarah mufakat atau secara aklamasi," paparnya.

Sebagaimana diketahui, sepeninggal Mohamad Bob Hasan sebagai ketua umum, yang meninggal pada 31 Maret 2020, PB PASI dipimpin oleh Plt ketua Umum Zacky Anwar Makarim.

Baca juga: Hibahkan 10 Hektar Tanah ke PBNU, Luhut: Saya Tepati Janji Pada Gus Dur

Kongres yang semula direncanakan pada Desember 2020 ini, bakal berlangsung secara virtual untuk mencegah penyebaran virus corona dan memenuhi protokol kesehatan.

Ketua Panitia Penyelenggara Kongres PASI 2021 Umarsono menyebutkan hingga sepekan sebelum penyelenggaraan, seluruh pengprov PASI dan satu anggota luar biasa telah menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam kongres.

Selain memilih ketua umum, kongres yang akan dibuka oleh Ketua KONI Marciano Norman ini juga mengagendakan pertanggungjawaban pengurus PB PASI periode 2016-2020.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: