Pantau Flash
Alami Pneumonia Akibat Korona, Musisi jazz Ellis Marsalis Meninggal Dunia
WP KPK Tolak Wacana Pembebasan Napi Koruptor Dampak Pandemi Korona
Penanganan COVID-19 di Jakarta Disebut Lebih Baik dari Jabar dan Banten
PSI pada Jokowi: Mudik Harus Dilarang, Kalau Imbauan Saja Tak Akan Efektif
Update COVID-19 3 April: 1.986 Kasus Positif, 134 Sembuh, 181 Meninggal

PB Perpani Hentikan Kegiatan sebagai Imbas Pandemi Virus Korona

PB Perpani Hentikan Kegiatan sebagai Imbas Pandemi Virus Korona Pemanah Indonesia Diananda Choirunnisa (Foto: INASGOC/ Mudak Yasin)

Pantau.com - Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) menghentikan atau menunda seluruh kegiatan panahan yang dapat mengumpulkan orang banyak sampai batas waktu ditentukan pemerintah.

Sekretaris Jenderal PB Perpani Nyak Amir mengatakan penundaan kegiatan tersebut mengikuti kebijakan pemerintah yang saat ini fokus menangani pencegahan penyebaran virus korona.

Baca juga: Indonesia Hormati Keputusan Penundaan Olimpiade 2020

"Apabila kegiatan panahan tidak bisa ditunda dan mendesak harus segera dilaksanakan, agar dalam pelaksanaannya mengikuti protokol yang telah ditentukan," kata Nyak Amir.

Menurut Nyak Amir yang juga Ketua Umum Pengurus Provinsi Perpani Aceh, protokol pelaksanaan dengan menerapkan jarak antara satu orang dengan orang lain atau social distancing.

"Untuk kegiatan Sekretariat PB Perpani sementara waktu dilakukan dengan komunikasi secara daring, tidak bertatap muka. Semua pekerjaan dilakukan oleh pengurus maupun staf di rumah," katanya menambahkan.

Nyak Amir menjelaskan penghentian sementara kegiatan panahan dan lainnya tersebut berdasarkan surat edaran Menteri Kesehatan (Menkes) tentang protokol isolasi diri sendiri dalam penanganan COVID-19.

Selain itu, kata dia juga mengacu pada surat edaran Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tentang protokol kewaspadaan pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan kegiatan olahraga.

"Saya mengajak semua mematuhi protokol tersebut dalam upaya mencegah penyebaran virus corona yang kini gencar dilakukan pemerintah," kata Nyak Amir menegaskan.

Baca juga: Problem Besar di Balik Penundaan Olimpiade, Indonesia Bisa Kena Dampak

Panahan merupakan cabang olahraga yang sudah meloloskan atletnya ke Olimpiade Tokyo 2020. Hanya saka kejuaraan terbesar di dunia itu harus ditunda hingga tahun depan karena terkena dampak virus corona.

Dua atlet panahan Indonesia yaitu Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa sebetulnya sudah lolos ke kejuaraan empat tahunan itu. ​Mereka dipastikan lolos berdasarkan hasil yang diraih di Kejuaraan Dunia 2019 di Belanda, Juni 2019 lalu.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra

Berita Terkait: