Pantau Flash
Total Ada 16 Orang Ditangkap Terkait OTT Bupati Banggai Laut
Dokter: Kelelahan pada Penyintas Korona Jadi Gejala Fenomena 'Long COVID'
Bamsoet: Deklarasi Benny Wenda Makar, Pemerintah Harus Tindak Tegas
Rekor Lagi! Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak Naik 8.369 Hari Ini
Lemhannas: Benny Wenda Tidak Punya Kewenangan untuk Deklarasi Papua Barat

5 Manfaat Lain Jambu Biji yang Tak Banyak Orang Ketahui

5 Manfaat Lain Jambu Biji yang Tak Banyak Orang Ketahui Ilustrasi jambu biji. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jambu biji adalah salah satu buah favorit yang lezat dimakan langsung dan juga segar saat dijadikan jus, yang paling penting buah ini kaya akan kandungan nutrisi sehingga memiliki banyak manfaat.

Tak hanya daging buahnya, daun jambu biji juga dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan diare. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari jambu biji menurut Boldsky:

Baca juga: Legakan Dahaga Setelah Berpuasa dengan Menu Setup Jambu Biji

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Antioksidan dan vitamin dalam jambu biji melindungi jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji mengurangi tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, serat larut dan kalium dalam jambu biji berkontribusi terhadap kesehatan jantung juga.


2. Membantu penurunan berat badan

Kandungan serat dalam jambu biji dapat membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Buah ini juga rendah kalori yang membuatnya menjadi camilan yang ideal untuk menurunkan berat badan.


3. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan dan mengontrol kadar gula darah dan resistensi insulin. Studi lain menemukan bahwa minum teh daun jambu biji mengurangi kadar gula darah setelah makan.

Baca juga: Cara Membuat Omelet Buncis yang Sedap Disantap di Bulan Puasa

4. Mencegah kanker

Antioksidan yang kuat dalam ekstrak jambu biji dan daun jambu biji mencegah radikal bebas yang merusak sel-sel sehat, sehingga mencegah kanker. Khasiat antikanker jambu biji dan daunnya dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker


5. Memperkuat kekebalan tubuh

Jambu biji adalah sumber vitamin C yang sangat baik, antioksidan yang larut dalam air yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sifat antimikroba jambu biji membantu dalam membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - RZK
Penulis
Kontributor - RZK

Berita Terkait: