Pantau Flash
Baleg DPR Agendakan Raker dengan Pemerintah Sebelum Bahas RUU Ciptaker
PSBB DKI Jakarta Berlaku Mulai Jumat 10 April 2020
Laboratorium Rapid Test PCR Korona RSPAD Gatot Soebroto Segera Beropersi
Pemerintah: 14.354 Spesimen Telah Diperiksa untuk Deteksi COVID-19
Menkeu: 11,9 Juta Nasabah KUR Dapat Penundaan Cicilan Pokok dan Bunga

5 Obat Rumahan Penghilang Flek Hitam atau Melasma pada Kulit Wajah

5 Obat Rumahan Penghilang Flek Hitam atau Melasma pada Kulit Wajah Melasma. (Foto: iStock)

Pantau.com - Melasma adalah kondisi kulit yang sangat umum yang dapat dipicu oleh paparan sinar matahari, reaksi terhadap kosmetik tertentu atau dalam beberapa kasus karena fluktuasi hormon. 

Lebih umum di kalangan wanita, kondisi kulit ini menyebabkan perubahan warna kulit dan bercak coklat tua. Tak perlu dikatakan bahwa kondisi kulit ini bisa sangat tidak menyenangkan.

Ada banyak sekali krim bebas yang mengklaim dapat mengobati melasma. Namun, sebagian besar krim ini mahal dan mengandung bahan yang dipertanyakan. 

Jika Anda telah mencari cara alami untuk merawat kondisi kulit yang tidak sedap dipandang ini, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pengobatan rumah yang sudah teruji ampuh dan aman untuk digunakan.

Berikut adalah 5 bahan rumahan yang efektif dan aman untuk mengatasi gejala melasma pada kulit.

1. Jus Lemon 

Fakta bahwa jus lemon diperkaya dengan sifat asam membuatnya menjadi salah satu solusi rumah terbaik dalam menangani melasma. Aplikasi jus lemon secara teratur dianggap efektif, tidak hanya dalam mengobati hiperpigmentasi, tetapi juga untuk mencegahnya menyebar lebih jauh.

Baca Juga: Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Sikat Gigi Bekas untuk Kecantikan

2. Kunyit 

Sifat antiseptik kunyit membantu mengelupas lapisan hiperpigmentasi pada kulit yang umum di antara wanita yang menderita masalah kulit ini. Campur bubuk kunyit dengan air dan oleskan pasta pada kulit Anda untuk melawan melasma. 

3. Pepaya 

Bubur pepaya matang dikenal sangat efektif dalam mengobati melasma. Aplikasi obat rumah ini dapat secara efektif menghilangkan lapisan yang berubah warna dari kulit Anda dan juga menghilangkan tambalan gelap yang menonjol.

4. Oatmeal

Oatmeal pengelupasan kulit menjadikannya obat rumah yang luar biasa untuk mengobati melasma. Oleskan pada kulit Anda untuk mengurangi lapisan hiperpigmentasi dan juga membuang penumpukan sel kulit mati.

Baca Juga: 8 Masalah Kulit yang Ditimbulkan Akibat Paparan Debu dan Polusi

5. Bubuk Cendana

Campur bubuk cendana dengan air dan oleskan di seluruh kulit Anda. Sifat antioksidan dan antiseptik obat rumah ini dapat secara efektif mengobati melasma. Cobalah untuk menerapkan ini dua kali sehari untuk mengurangi keunggulan tambalan gelap.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: