Pantau Flash
DKI Jakarta Jadi Penyumbang Terbanyak Pasien Sembuh COVID-19
KKP Tingkatkan Kapasitas Pengawas Deteksi Hasil Pencurian Ikan
Luhut Minta Produsen Farmasi Nasional Percepat Produksi Obat COVID-19
Pemkot Surabaya Sisir Ponpes Antisipasi Penularan COVID-19
15.126 Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Sembuh

8 Tanda Anda Benar-benar Menjadi Orang yang Kuat Secara Emosional

8 Tanda Anda Benar-benar Menjadi Orang yang Kuat Secara Emosional Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Perubahan adalah satu-satunya yang konstan dan kita semua tahu itu. Setiap orang harus mengalami minimal sekali atau beberapa perubahan sepanjang dalam hidupnya. Kadang-kadang, Anda mungkin memiliki banyak pemikiran tentang bagaimana menjadi orang yang lebih kuat secara emosional.

Anda tidak bisa menjadi kuat hanya dalam sehari. Hanya pengalaman dan pelajaran yang dapat membuat Anda kuat dan membantu Anda menjadi orang yang Anda inginkan. Namun terkadang, perubahan mungkin terasa tidak nyaman dan sulit untuk diterima.

Berikut ini 8 tanda bahwa Anda benar-benar kuat secara emosional dalam kehidupan.

1. Menyesali Kesalahan Masa Lalu

Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar bagi setiap manusia, yang berarti tidak masalah bagi manusia untuk melakukan perubahan. Tapi, sama sekali tidak baik untuk terus mengulangi kesalahan itu. Jika Anda mengetahui kesalahan yang Anda lakukan di masa lalu, pastikan Anda tidak mengulanginya di masa mendatang. Ini tidak diragukan lagi akan membantu Anda menjadi orang yang lebih baik.

Baca Juga: Ibu Bahagia Jadi Kunci Sukses Pola Asuh Anak

2. Ingin Keluar dari Lingkungan yang Toxic

Ketika Anda tumbuh dewasa, Anda harus membuat koneksi dengan orang yang berbeda. Tapi, hampir tidak Anda ketahui saat itu bahwa tidak semua orang bisa menjadi teman sejati. Beberapa bisa benar-benar pendendam dan sumber masalah di kehidupan Anda.

Anda tahu bahwa Anda menjadi lebih kuat ketika Anda menyingkirkan orang-orang dengan niat buruk dari hidup Anda dan mampu mengidentifikasi orang-orang yang benar-benar peduli pada Anda. Anda tidak lagi ingin menghibur siapa pun yang mengecewakan Anda setiap saat dan mengambil kedamaian dari hidup Anda. Bahkan jika Anda sudah lama bersama orang itu, Anda mengerti bahwa tidak ada gunanya untuk tetap menjalin persahabatan ata hubungan yang tidak sehat.

3. Memilih Siapa yang Dipercayai

Menjadi naif adalah suatu kebajikan, menjadi bodoh tidak dan ketika Anda menjadi orang yang kuat, Anda memahami ini dengan sangat baik. Anda cukup selektif dalam memilih teman atau berkencan dengan seseorang. Untuk alasan itu, Anda tidak ingin membeli kemarahan orang dan membiarkan kepercayaan Anda hancur sekali lagi. Pengalaman masa lalu Anda tidak memungkinkan Anda untuk menaruh kepercayaan Anda pada seseorang yang baru saja Anda temui di sebuah pesta atau di media sosial. Anda ingin bersama orang-orang yang asli dan tidak memainkan permainan pikiran.

4. Bangga dengan Kelemahan Anda

Tidak ada manusia yang sempurna dan manusia sempurna tidak ada. Sudah saatnya kita memahami hal ini. Setiap orang memiliki beberapa kekurangan atau yang lain dan ketika kita tumbuh, kita memahami dan menerima kenyataan ini. Anda tidak lagi melakukan hal-hal untuk menyembunyikan bekas jerawat atau celah di antara gigi Anda. Faktanya, Anda menganggap kekurangan itu sebagai bagian dari diri Anda. Dan karena itu, Anda tidak merasa malu atau tersinggung ketika seseorang menunjukkan kekurangan Anda.

5. Memahami Bahwa Anda Layak Untuk Selalu Bahagia

Anda sangat memahami bahwa kebahagiaan adalah prioritas utama Anda dan karena itu, apa pun yang menghalangi kedamaian dan kebahagiaan mental Anda, Anda hanya membuangnya. Anda menjadi selektif dalam memilih teman dan tahu kualitas apa yang harus dicari dalam diri seseorang yang Anda inginkan. Anda sekarang mencari orang-orang yang dapat membuat Anda menjadi diri Anda sendiri dan tidak seperti yang Anda inginkan. Juga, Anda ingin bersama orang-orang yang ada di sana untuk mendorong Anda dan mendukung Anda di masa-masa sulit.

6. Tidak Ragu dalam Memberi Pendapat yang Jujur

Saat berbicara tentang pendapat, Anda tidak menyembunyikan pikiran jujur Anda. Anda mengatakan apa yang Anda rasakan dan belajar menghargai transparansi, baik itu pekerjaan atau hubungan. Tidak peduli seberapa canggung dan sulit kebenarannya, jika Anda merasa itu perlu dikatakan, Anda hanya mengatakannya tanpa ragu-ragu.

Baca Juga: Dijamin Ampuh! Yuk Redam Emosi Kamu dengan Makanan Ini, Nomor 5 Gokil

7. Benci Orang yang Selalu Membuat Alasan

Timpang Anda sekarang lebih teratur dan lebih suka orang yang jujur dan pekerja keras. Selain itu, Anda mengutamakan tujuan kerja dan karier Anda dan Anda mengharapkan teman dekat Anda melakukan hal yang sama. Anda benci ketika mereka membuat alasan lumpuh.

8. Belajar dari Kegagalan

Hidup bukanlah sesuatu yang terjadi pada Anda tetapi merupakan cerminan dari pilihan Anda. Anda telah melalui situasi sulit dan kegagalan bisa menjadi salah satunya, tetapi bagus bahwa setiap kali Anda jatuh, Anda belajar untuk berdiri dan menjadi lebih kuat. Anda sangat menyadari bagaimana rasanya ketika mimpi hancur, oleh karena itu, kami belajar untuk bekerja lebih keras. Hal yang sama berlaku dalam hubungan, Anda tahu apa yang benar dan salah untuk Anda.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG

Berita Terkait: