Pantau Flash
Mantap! DKI Jakarta Catat Angka Kesembuhan Harian Covid-19 Tertinggi
Wagub DKI Jakarta Rangkul Ormas untuk Jaga Stabilitas Ibu Kota, Sebut Bentuk Kolaborasi dengan Pemerintah
Pemerintah Turunkan Harga PCR Rp275 Ribu, Langsung Berlaku Mulai Hari Ini
Ribuan Ormas di Jakarta Deklarasikan Diri untuk Amankan Ibu Kota pada Pemilu 2024
Sah! Harga PCR Resmi Turun Jadi Rp275 Ribu, di Luar Jawa-Bali Rp300 Ribu

Belajar Islam Digital Meningkat, Aplikasi Rukun Fokus Sajikan Konten Ringan dan Dasar

Headline
Belajar Islam Digital Meningkat, Aplikasi Rukun Fokus Sajikan Konten Ringan dan Dasar Aplikasi Rukun (Foto: Pantau.com)

Pantau.com - Meningkatnya daya belajar digital masyarakat Muslim di Indonesia, Aplikasi Rukun turut hadir untuk mempermudah aktivitas ibadah sehari-hari. Menariknya, aplikasi ini menyasar pengguna Muslim milenial dengan sajian konten ringan dan mendasar.

"Riset kami sekitar 5 tahun terakhir, belajar Islam secara digital meningkat pesat melalui platform media sosial, aplikasi hingga media. Hal ini mendasari semangat Aplikasi Rukun juga ikut berdakwah dan memudahkan ibadah hanya dalam genggaman," kata Sigit Akbar, Founder Aplikasi Rukun kepada Pantau.com (3/6/2021).

Baca juga: Mudah Digunakan Orangtua, 5 Aplikasi Panggilan Video Ini Bisa Jaga Silaturahmi Saat Lebaran

Menurut Sigit, belajar secara digital membuat orang dengan mudah mendapatkan informasi terkait Islam baik secara kajian, fikih, hingga doa harian. 

Namun hal tersebut juga berdampak pada infobesitas konten Islam, yakni kelebihan informasi yang didapat sehingga masyarakat langsung mengambil kesimpulan dari informasi tanpa mengkaji lebih lanjut.

Padahal, menurut Sigit, meskipun saat ini informasi didapat dengan mudah namun tetap perlu memperbanyak referensi melalui kajian dengan Ustaz atau Alim Ulama. 

"Bahkan kita tidak sadar jika terjebak dengan perdebatan kajian yang kita sendiri belum memperdalam khazanah pengetahuan dari berbagai referensi," papar Sigit Akbar.

Baca juga: Perbaharui Aplikasi Chrome dan WebView Google Atasi Masalah Pengguna Android

Ia berujar, hal tersebut mendasari Aplikasi Rukun sebagai wadah penyedia konten Islam yang mendasar dan ringan. 

Menurutnya, masyarakat khususnya generasi milenial dapat mudah belajar tentang Islam dengan konten yang dikemas menarik dan mendapatkan konten yang diambil dari berbagai referensi, Al-Quran dan Hadits.

Ia mencontohkan, Aplikasi Rukun menyediakan belajar cara membaca Al-Quran dengan tajwid. Diharapkan pengguna tidak hanya dapat membaca mushaf digital Al-Quran namun juga belajar cara membacanya.

"Semangat kami menyediakan fitur lengkap dan gratis di Playstore tanpa ada versi premium. Semua bisa diakses dan konten dapat dimanfaatkan. Kita juga meniadakan iklan aplikasi yang seringkali mengganggu pengguna dan tidak ada filterisasi isi iklan sehingga mengurangi unsur dakwah kita," terang Sigit. 

Pantau.com mereview, Aplikasi Rukun menyediakan fitur Al-Quran, Tajwid, Chat ke sesama pengguna, Doa harian, Doa Haji dan Umroh hingga doa pagi dan petang. 

Selain itu, pada fitur Hikmah, pengguna juga dapat membagikan pilihan quotes motivatif yang bersumber dari Al-Quran, Hadits dan Mahfudzhot ke media sosial dengan latar belakang gambar yang telah dikurasi khusus oleh tim Rukun.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang

Berita Terkait: