Pantau Flash
Pemerintah Optimistis Investasi Listrik Meningkat 39 Miliar Dolar
Erick Thohir Berencana Tutup 5 Anak Usaha Garuda Indonesia
BI Targetkan Pertumbuhan Kredit 2020 di Kisaran 9-11 Persen
11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu Akan Rampung di 2020
Gilas Persija 4-1, Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

Jangan Campur Pisang dengan Susu! Ternyata Itu Berbahaya untuk Tubuh Kamu

Jangan Campur Pisang dengan Susu! Ternyata Itu Berbahaya untuk Tubuh Kamu Pisang (Foto: pixabay.com)

Pantau.com - Siapa pun mungkin akan sulit menolak jika ditawari shake pisang yang enak atau smoothie pisang dingin. Campuran susu dan pisang itu dipercaya sebagai minuman yang sehat. 

Banyak ahli kesehatan menyarankan bahwa asupan harian dari pisang dan susu membantu perkembangan otot dan merupakan sumber kalsium, kalium dan nutrisi penting lainnya. 

Menurut beberapa penelitian, telah diamati bahwa kombinasi keduanya dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Nun menurut buku Ayurveda, yang dilansir dari laman Times of India, kombinasi pisang dan susu dianggap tidak sesuai.

Baca juga: 8 Fakta Kesehatan Buah Pisang yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Disebutkan bahwa makanan memiliki sifat berbeda yang mempengaruhi pencernaan dengan cara yang baik atau buruk. Sementara cairan lambung menentukan bagaimana makanan tertentu bereaksi ketika molekul makanan diproses dalam tubuh.

Dan kombinasi antara pisang dengan susu dianggap buruk karena dapat mempengaruhi pencernaan serta memperburuk gangguan pernapasan seperti sinus, dingin dan batuk. Bukan hanya pisang, sesuai Ayurveda, kombinasi buah-buahan lain dengan susu juga dianggap buruk karena bisa meningkatkan keberadaan lendir dalam tubuh.

Campuran antara pisang dan susu juga disebutkan tidak cocok untuk seseorang yang menderita gangguan pernapasan dan alergi sinus. Bahkan untuk ibu hamil pun sama. 

Baca juga: Studi: Konsumsi Pisang dan Alpukat Tiap Hari Bisa Halau Penyakit Jantung

Namun, jika kedua makanan itu dikonsumsi pada waktu yang berbeda, justru baik untuk tubuh maupun bayi.

“Kombinasi pisang dan susu secara bersamaan dapat menghasilkan racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan alergi dan infeksi yang tidak diinginkan. Campuran kedua bahan tersebut sangat tinggi kalori yang mengarah untuk meningkatkan berat badan dan massa tubuh. Sangat disarankan bagi wanita untuk menahan diri dari makan kombinasi ini selama kehamilan untuk menghindari komplikasi. Selain itu, kombinasi ini dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh seperti kemacetan, pilek, batuk, ruam, alergi, muntah dan gerakan longgar," kata Dr. Rita Bakshi, Ginekolog Senior, International Fertility Centre.

Sebenarnya pisang dan susu sangat bagus untuk perkembangan tubuh dan juga memperkuat kekebalan tubuh. Namun, memakan keduanya secara bersama-sama dapat memperburuk beberapa gangguan kesehatan dan dapat membuat lendir yang dapat mempengaruhi sistem pernapasan. Karena itu, disarankan makan pisang dan susu pada interval yang berbeda agar membantu meningkatkan kesehatan juga membangun otot yang kuat dan memperkuat metabolisme.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam