Pantau Flash
Layanan SIM Keliling di Jakarta Tetap Buka, Ini Lokasinya
Dua Truk Saling Hantam di Depan Balai Kartini, Ada Korban Tewas
Fadli Zon Ujug-ujug Nyanyi Lagu Sunda, Sindir Pejabat Haus Kuasa
Ditlantas Polda Bantah Berikan Pelat Polri untuk Arteria Dahlan
Kapolrestabes Medan Tidak Terbukti Terima Suap dari Istri Bandar Narkoba

Saat Menghadapi Cuaca Ekstrem, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi Herbal Ini

Headline
Saat Menghadapi Cuaca Ekstrem, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Mengonsumsi Herbal Ini Ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto: Getty Image)

Pantau.com - Akhir-akhir ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kerap memberikan peringatan kepada masyarakat yang berada di sejumlah wilayah di Indonesia untuk waspada terhadap terjadinya cuaca ekstrem, mulai dari hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Meski siklon tropis Paddy telah punah yang merupakan penyebab terjadinya cuaca ekstrem belakang ini, namun BMKG meminta kepada masyarakat untuk mengantisipasi dampak buruk dari potensi cuaca ekstrem yang masih bisa terjadi di musim hujan ini.

Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini bukan hanya memberi dampak terhadap terjadinya bencana alam saja di sejumlah wilayah, tetapi juga patut diwaspadai akan memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan.

Baca juga: BEJO Sujamer Terus Menebar Semangat Berkurban di Tengah Pandemi

Oleh karena itu, kita harus bisa untuk tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, apalagi bila harus tetap beraktivitas meski cuaca begitu buruk dan saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Selain tetap disiplin dalam menjalakan protokol kesehatan, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar dengan berolahraga, istirahat yang cukup, menjaga pola makan dengan asupan makanan yang bernutrisi dan yang terpenting salah satunya dengan mengonsumsi herbal Jahe Merah yang berkualitas. 

Dilansir dari lipi.go.id, Kepala Kelompok Penelitian Center for Drug Discovery and Development, Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Masteria Yunovilsa Putra menjelaskan, mengonsumsi Jahe Merah dapat menjadi langkah pencegahan penyakit melalui peningkatan daya tahan tubuh.

Kandungan Jahe Merah, khususnya gingerol dan shogaol, merupakan senyawa yang bertanggung jawab atas efek immunomodulator untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jahe Merah juga diketahui memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan, sehingga bisa membantu meredakan gejala penyakit yang berkaitan dengan aktivitas peradangan atau inflamasi.

Selain Jahe Merah, herbal lainnya yang baik dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh adalah Adas, Cabe Jawa, Madu dan Mint.

Adas masuk dalam golongan Tanaman Obat Kelyarga (TOGA). Adas, dikenal sebagai tanaman herbal yang mengandung antioksidan bermanfaat untuk kesehatan tubuh dipercaya bisa meredakan perut kembung sampai asam urat.  

Hasil penelitian El-soud dan teman-temannya yang dipublikasikan di Macedonian Journal of Medical Science tahun 2011 menyatakan adas mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta memperbaiki kondisi ginjal dan pankreas. 

Dilansir dari laman indonesia.go.id, masyarakat mengenal Cabai Jawa sejak lama karena sacara turun temurun tanaman ini dipercaya memiliki berbagai manfaat. Cabai Jawa sudah diakui manfaatnya. Cabai Jawa bermanfaat sebagai obat untuk mengobati flu, demam, dan masuk angin. 

Dilansir dari laman p2k.unkris.ac.id, karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan, Cabai Jawa banyak digunakan sebagai obat herbal.

Seorang ahli gizi dari Delhi, dr.Anshul Jaibharat, menyatakan madu memiliki manfaat untuk antioksidan dan antibakteri sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, ahli nutrisi ini merekomendasikan untuk mengonsumsi madu setiap hari. 

Dilansir dari healthshots Daun Mint dikenal memiliki kandungan mentol dan bermanfaa untuk kesehatan yang berasal dari sifat antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, serat, kalori, dan berbagai macam vitamin lain.

Kandungan minyak dari ekstrak daun peppermint mengaktifkan saluran antinyeri di usus besar, yang dapat mengurangi rasa nyeri disebabkan peradangan usus dan kejang pada usus besar, melemaskan otot-otot usus, dan mengurangi kembung.

Dengan memanfaatkan kombinasi herbal yang sudah terbukti khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh tersebut, maka tubuh akan tetap fit dan sehat. Semua bahan herbal berkualitas di atas merupakan kandungan dari Bejo Jahe Merah. 

Bejo Jahe Merah adalah produk inovasi terbaru dari Bintang Toedjoe, dengan kandungan utama herbal Jahe Merah, juga mengandung herbal lainnya yaitu Adas, Cabai Jawa, Mint dan Madu yang baik dan berkualitas. Bejo Jahe Merah berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh, meredakan masuk angin, perut kembung, pegal-pegal, sakit kepala, mual serta meriang. 

Bejo Jahe Merah juga juga pastinya sudah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dan sudah tersertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), sehingga lebih aman di konsumsi.

Baca juga: Sejuta Jahe Merah, Harapan Santri Ponpes Darussalam

Untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat saat menghadapi cuaca ekstrem, konsumsi satu sachet Bejo Jahe Merah 3-5 kali sehari setelah makan bagi orang dewasa, sementara bagi anak di atas dua tahun berikan 1/2 dosis orang dewasa.

Saat ini Bejo Jahe Merah bisa didapatkan di Alfamart, Indomart, Toserba Yogya, toko obat dan apotek terdekat. Bejo Jahe Merah juga bisa didapatkan secara online di Bintang Toedjoe Official Store yang tersedia di berbagai e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan Blibli.

Pada tahun 2020 lalu harga Jahe Merah sempat melambung tinggi, yang diikuti dengan banyak petani menanam jahe merah. Namun hal itu tak berlangsung lama, kini petani jahe merah mulai mengeluh karena harga jahe merah anjlok tak sebanding dengan proses menanamnya hingga panen yang memerlukan waktu sampai 10 bulan. Belum lagi kini petani jahe merah mengalami kesulitan untuk menjual hasil panennya. Kondisi tersebut membuat banyak petani jahe merah merasa frustasi. 

Bejo Jahe Merah memakai bahan alami berkualitas dari petani jahe merah. Dengan Kita minum 1 sachet Bejo Jahe Merah, Kita sudah ikut membantu nasib dan kesejahteraan Petani Jahe Merah. 

Dengan Bejo Jahe Merah ambyar anginnya, Jagonya daya tahan tubuh.

Tim Pantau
Editor
Gilang
Penulis
Gilang

Berita Terkait: