Pantau Flash
Seluruh Wartawan Istana Negara Selamat dalam Tragedi Kapal Tenggelam
Kapal yang Ditumpangi Wartawan Istana Negara Tenggelam di Labuan Bajo
IMF: Lesunya Ekspor, Ekonomi Indonesia Miliki Beban di 2020
Awak Kabin Garuda Harapkan Direktur Safety Kembali Diadakan
PPP Sebut Putusan Hakim Tegaskan Romahurmuziy Tak Terima Suap

5 Pemain Dunia yang Pernah Merumput di Indonesia

5 Pemain Dunia yang Pernah Merumput di Indonesia Michael Essien kala membela Persib Bandung. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Indonesia bisa dikatakan menjadi salah satu negara dengan pencinta sepakbola terbesar di dunia. Tak heran jika banyak pemain yang ingin menjajal panasnya persaingan olahraga si kulit bundar di Tanah Air.

Bahkan tidak hanya para pemain dari Asia Tenggara, sejumlah nama bintang dunia pernah menghiasi kompetisi di Indonesia. Berikut, Pantau.com merangkum lima pemain dunia yang pernah bermain di Indonesia:

Essien hanya semusim membela Persib. (Foto: Istimewa)

1. Michael Essien


Persib Bandung pada musim 2017 sempat membuat kejutan dengan mendatangkan gelandang top dunia Michael Essien. Pernah merumput bersama Chelsea dan Real Madrid itu dikabarkan menjadi pemain termahal di kompetisi Indonesia saat itu.

Namun Essien hanya bertahan selama satu tahun bersama Persib. Manajemen Maung Bandung memilih untuk memutus kontrak pemain berpaspor Ghana tersebut pada 2018. Setelah satu tahun menganggur, Essien memutuskan bergabung dengan FK Sabail (divisi satu Liga Azerbaijan).


Kempes saat membela Timnas Argentina. (Foto: Istimewa)

2. Mario Kempes


Jauh sebelum nama Michael Essien mencuat sebagai pemain top dunia yang bermain di Indonesia, Mario Kempes yang sudah lebih dulu mencicipi euforia sepak bola di Tanah Air. Ia resmi bergabung bersama Pelita Jaya pada 1 Januari 1996.

Baca juga: Kiper Terburuk yang Pernah Main di Klub Top Eropa, Ada 2 dari Man United

Sayang Kempes tidak bisa lama-lama menikmati permainan di Indonesia. Pemain yang berhasil membawa Timnas Argentina juara dunia 1978 ini memutuskan gantung sepatu enam bulan kemudian.


Odemwingie saat diperkenalkan Madura United. (Foto: Pantau.com/Tatang Adhiwidharta)

3. Peter Odemwingie (Madura United)


Peter Odemwingie merupakan yang sudah melalang buana ke sejumlah klub di Eropa khususnya Inggris. Ia tercatat pernah membela West Bromwich Albion, Cardiff City, hingga Stoke City. Pemain berpaspor Nigeria ini juga tercatat mampu mencetak 37 gol dan 18 assist dari 129 penampilannya di Inggris.

Pada 2017, Odemwingie memutuskan untuk menerima pinangan klub Indonesia, Madura United. Meski sempat beberapa kali terlibat masalah dengan pihak klub, ia pun memutuskan untuk menjadikan Laskar Sape Kerrab sebagai tempat terakhirnya sebelum memutuskan pensiun di awal 2019.


Fernando Rodriguez membela Mitra Kukar. (Foto: Istimewa)

4. Fernando Rodriguez (Mitra Kukar)


Striker asal Spanyol, Fernando Rodriguez kini menjadi salah satu pemain yang melalang buana di kompetisi Asia Tenggara. Setelah bergabung dengan Ceres-Negros, mantan penggawa Sevilla FC ini sempat menjajal panasnya Liga Indonesia bersama Mitra Kukar pada 2018.

Sayangnya Rodriguez hanya mampu mencetak 15 gol dari 30 pertandingan bersama Mitra Kukar. Akibatnya Naga Mekes harus terdegradasi ke Liga 2 musim ini. Kini, penggawa 32 tahun ini memilih berlabuh bersama Kedah FA (Liga Malaysia)


Guthrie pernah membela Mitra Kukar. (Foto: ESPN)

5. Danny Guthrie (Mitra Kukar)


Mitra Kukar juga sempat mendatangkan pemain Eropa lainnya pada gelaran Liga 1 2018, yakni Danny Guthrie. Pemain yang menimba ilmu bersama akademi Manchester United ini pernah bermain bersama Liverpool, Newcastle United, serta beberapa klub kasta kedua di Inggris.

Bersama Mitra Kukar, Guthrie bermain sebanyak 29 kali dengan mencetak masing-masing dua gol dan dua assist. Setelah menganggur selama enam bulan, ia akhirnya resmi bergabung bersama klub dari divisi League Two (kasta keempat Liga Inggris), Walsall FC.




Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait: