Pantau Flash
Resmi! Jokowi-Ma'ruf Jadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024
Marquez Juara GP Jepang, Honda Raih Gelar Konstruktor MotoGP 2019
Presiden Jokowi Janji Umumkan Nama Menteri Kabinetnya Besok
Jelang Pelantikan Presiden, Bus Transjakarta Alihkan Sejumlah Rute
TNI-Polri Kerahkan Armada Udara Pantau Situasi Pelantikan Presiden

5 Sosok Legenda Eks Kiper Timnas Indonesia, Siapa yang Paling Dirindukan?

5 Sosok Legenda Eks Kiper Timnas Indonesia, Siapa yang Paling Dirindukan? Kurnia Meiga (Foto: Goal.coma)

Pantau.com - Timnas Indonesia dari U-16, U-19, U-23, hingga Senior memang lagi disibukkan dengan berbagai macam pertandingan kualifikasi. Namun dalam setiap pertandingan akan selalu ada sosok yang dirindukan lantaran permainan apiknya.

Timnas Indonesia senior memang sedang menjalani laga berat untuk bisa lolos kualifikasi Piala Dunia 2022. Setelah kalah di kandang sendiri dari lawan-lawannya yang berada du grup G yakni Malaysia dan Thailand, satu sosok yang tanpa henti jadi perbincangan publik, yakni sosok kiper Andritany Ardhiyasa yang dikritik terkait performanya yang dinilai menurun saat memperkuat Timnas.

Sosok kiper memang menjadi sosok yang penting dan andalan di setiap pertandingan bola, sehingga bukan hal aneh kalau para penonton berharap banyak kepada sosok penyelamat satu ini. Namun menjadi kiper bukan hal yang mudah, mereka pun akan melewati masa-masa kejayaannya dan fase berat saat memperkuat tim kebangaannya.

Untuk mengetahui itu, siapa saja sosok kiper timnas Indonesia yang paling memukau dan sosok mana yang dinilai paling dirindukan. Berikut adalah deretan penyelamat gawang timnas Indonesia;

1. Kurnia Meiga Hermansyah


Kurnia Meiga (Foto: Istimewa)

Nama Kurnia Meiga belum lama ini kembali jadi perbincangan publik karena dirinya menjadi sosok yang paling dirindukan oleh nitizen lantaran permainan apiknya bersama Timnas Indonesia.

Hal yang paling diingat dan tak mungkin dilupakan dari sosok ini adalah saat Indonesia berlaga di Piala AFF 2016. Dimana sat itu Kurnia Meiga tampil memperkuat timnas Indonesia dengan mencatat 23 kali penyelamatan dan 11 kali mengamankan umpan silang lambung.

Bukan hanya itu, ia juga dinilai memiliki reflek yang cepat tentu dengan didukung oleh postur tubuhnya yang tinggi. Pemain ini memutuskan pensiun dari dunia bola pada September 2017.

Baca Juga: Tak Hanya Persib, Ini 5 Insiden Penyerangan Bus di Sepakbola

2. Ferry Rotinsulu

Ferry Rotinsulu (Foto: Istimewa)

Meski tak memiliki postur tubuh yang tinggi, kiper Timnas Indonesia satu ini tak kalah legendaris dari Kurnia Meiga. Pemain satu ini memang cukup gemilang saat memperkuat Sriwijaya FC pada 2007, sehingga kemampuannya itulah yang membuat dirinya dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Penampilan Ferry Rotinsulu memang mencuri perhatian para tahun 2008-2010, saat memperkuat tim Sriwijaya FC ataupun Timnas Indonesia. Ferry selalu menjadi penyelamat di bawah mistar gawang.

Ia memilih pensiun dari dunia sepakbola dan baru kembali terjun kembali pada tahun 2018 dengan menjadi pelatih kiper klub Liga 3 Lampung Sakti.

3. Markus Horison


Markus Horison (Foto: Istimewa)

Kamu tentu masih ingat dengan sosok satu ini, Markus Horison. Kiper andalan Indonesia pada tahun 2012 ini memang selalu tampil apik saat memperkuat timnas dan cukup sukses dan berhasil mengamankan gawang dari serangan lawan.

Penampilan menawan dari Markus Horison adalah saat dirinya mampu mengamankan serangan beberapa kali umpan silang yang dilancarkan lawan membuatnya menjadi idola saat itu. 

Pemain berkepala pelontos tersebut memang telah memperkuat Skuad Garuda sejak tahun 2007 dengan total 38 kali penampilan dan tentu dengan banyak catatan gemilang yang dilakukannya. Saat ini Markus diketahui berada ke kampung halamannya di Langkat, Sumatera Utara dengan melatih klub lokal.

Baca Juga: 3 Alasan Penting Manchester United Tampil di Liga Europa

4. Jendri Pitoy


Jendri Pitoy (Foto: Istimewa)

Jendri Pitoy adalah salah satu kiper legendaris Indonesia. Ia telah malang melintang di sejumlah klub dan menjadi andalan Timnas Indonesia. Kini, aksinya di bawah mistar gawang tak lagi bisa dinikmati para penonton. Ia telah memutuskan gantung sepatu dan mencoba meniti karier sebagai pelatih.

Jendri Pitoy mengawali karier pelatihnya sebagai pelatih kiper bersama PSBS Biak tahun lalu.

Mirisnya, pria 38 tahun itu harus menerima kenyataan pahit lantaran gajiya belum dibayarkan manajemen PSBS. 

5. Hendro Kartiko


Hendro Kartiko (Foto: Istimewa)

Sejak tahun 90-an hingga 2000-an, Hendro Kartiko dipercaya sebagai kiper Timnas Indonesia. Pemain asal Banyuwangi tersebut telah memiliki 60 caps bersama Timnas Indonesia. Kini, Hendro Kartiko tak lagi aktif sebagai pemain.

Usai pensiun, Hendro Kartiko masih melanjutkan kariernya di dunia sepak bola. Ia dipercaya oleh Indra Sjafri menjadi pelatih kiper Timnas Indonesia U-22 jelang Piala AFF U-22 2019 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2020.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - WIL
Category
Olahraga

Berita Terkait: