Forgot Password Register

63 Tahanan KPK Mencoblos di Rutan K4, Termasuk Romahurmuziy

63 Tahanan KPK Mencoblos di Rutan K4, Termasuk Romahurmuziy Ilustrasi Pemilu (Foto: Pantau.com/Amin H Albakki)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memfasilitasi tempat pemungutan suara (TPS) untuk 63 tahanan korupsi saat pemilu, 17 April 2019 nanti. 

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan 63 tahanan itu hanya yang ditahan di Rutan C1 Gedung lama KPK, rutan K4 belakang Gedung Merah Putih KPK, dan Rutan Guntur.

"Dari koordinasi dengan pihak panitia TPS 012 Guntur, sekitar 63 orang tahanan KPK akan difasilitasi pemungutan suara di Rutan KPK di K4," kata Febri kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Baca juga: KPU Tunggu Rekomendasi Bawaslu Soal Pemungutan Suara Ulang di Sydney

"Sedangkan tahanan lain yang dititipkan di rutan lainnya mengikuti proses dan penyelenggaraan di rutan tersebut," lanjutnya.

Tersangka suap pengisian jabatan di Kementerian Agama Jawa Timur Romahurmuziy menjadi salah satu dari 63 tahanan tersebut. Rommy ditahan di rutan K4 cabang KPK sejak Maret lalu. 

Meski begitu, sejak 2 April lalu, masa tahanan mantan anggota DPR itu dibantarkan karena harus menjalani perawatan di RS Polri. KPK belum memastikan tempat pencoblosan untuk Rommy. 

"Sampai hari ini, (Rommy) masih pembantaran di RS Polri. Kami belum mengetahui apakah Rabu sudah kembali ke Rutan KPK," katanya. 

Baca juga: Ini Alasan KPU Tak Masukkan Surat Suara Tercoblos dalam Hitungan

Berdasarkan koordinasi dengan KPU, lanjutnya, nantinya akan disediakan empat bilik suara di rutan saat pencoblosan. 

"Dari koordinasi terakhir akan disediakan sekitar 4 bilik suara untuk mempermudah dan mempercepat proses pemungutan suara. Ketentuan lebih lanjut terkait dengan tahanan yang ber-KTP DKI dan non DKI mengikuti peraturan yang ada di KPU," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More