Forgot Password Register

Headlines

Ada Anggaran Rp3 Triliun untuk Dana Kelurahan di RAPBN 2019

Ada Anggaran Rp3 Triliun untuk Dana Kelurahan di RAPBN 2019 Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan adanya Dana Kelurahan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019.

Dana Kelurahan dianggarkan Rp3 triliun, pasalnya kata dia selama ini banyak kecemburuan yang meminta dana kelurahan demi mengatasi permasalahan perkotaan yang juga dianggap kompleks.

"Demi mengatasi permasalahan perkotaan yang juga dianggap kompleks," ujarnya saat pemaparan di Gedung Banggar, DPR RI, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Baca juga: Muncul Kembali di Pemberitaan, Ini Update Proyek Kota Terencana Meikarta

Dana tersebut kata dia merupakan hasil dari perubahan komposisi dana desa yang sebelumnya dianggarkan Rp73 triliun menjadi Rp70 triliun untuk Dana Desa dan Rp3 triliun untuk Dana Kelurahan.

"Dari sisi panja A yang berhubungan dengan transfer ke daerah ada beberapa usulan tambahan yang disampaikan. Pertama, dana desa akan diubah komposisinya dari Rp73 triliun untuk semuanya dana desa akan menjadi Rp70 triliun dana desa dan Rp3 triliun dana kelurahan," katanya.

Baca juga: Di Luar Delegasi Negara, Apa Itu IMF-WB 2018 di Mata Warga Bali?

Ia mengatakan, dana kelurahan prosesnya berebeda. Yakni, masuk dari Anggaran Pengeluaran dan Belanja Daerah (APBD) Dana Alokasi Umum (DAU), sedangkan dana desa itu alokasi tersendiri di anggaran Dana Desa.

"Kita sedang usulkan dan nanti kita bahas. Mengenai mekanismenya kita lihat bagaimana mekanisme dari masing-masing APBD dan dia tetap terfokus utk kelurah2an tersebut. Tidak tercampur dengan DAU lainnya," pungkasnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More