Forgot Password Register

Headlines

Ahok Jadi Kader PDIP, Ahokers Dipastikan Tak Golput

Ahok Jadi Kader PDIP, Ahokers Dipastikan Tak Golput Basuki Tjahaja Purnama di kantor PDIP Bali (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Masuknya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke PDIP dinilai akan memengaruhi pilihan suara Ahokers saat pilpres 2019. Menurut pengamat politik dari UIN Jakarta, Adi Prayitno, para loyalis Ahok itu tidak akan galau menentukan pilihan dengan bergabungnya Ahok ke partai pengusung utama capres Joko Widodo. 

"Yang bisa diukur secara sederhana adalah Ahokers, orang-orang yang menjadi loyalitas Ahok selama ini. Minimal tidak galau, minimal mereka tidak memutuskan untuk golput," kata Adi ditemui dikawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/2/2019). 

Baca juga: Ternyata Inilah Alasan Utama Ahok Bergabung ke PDIP

Adi tak bisa memastikan dampak dari bergabungnya Ahok ke PDIP terhadap elektabilitas Jokowi sebagai capres petahana. Namun, ia meyakini akan ada pergerakan signifikan setelah mantan Gubernur DKI Jakarta itu kembali ke partai politik.

"Ahokers ini kan tumbuh di mana-mana. Loyalis Ahok ini akan berdenyut di mana-mana. Saya enggak tahu jumlah presentasenya, tapi kelompok-kelompok Ahokers ini relatif muda. Dia ngerti medsos dan pemilih rasional. Ini yang akan menghentak di mana-mana. Apa ini menguntungkan secara luas atau merugikan, butuh survei," ucapnya.

Baca juga: Ahok Jadi Jurkam Jokowi-Ma'ruf? Ini Jawaban PDIP

Meski begitu, Adi memandang kembalinya Ahok ke dunia politik pasca keluar dari penjara merupakan fenomena biasa saja. Sejak awal, mantan Bupati Belitung itu memang dikenal publik sebagai tokoh politik. 

"Ahok sejak awal memang makhluk politik. Dia waktu di Belitung juga dari partai politik. Waktu jadi anggota DPR juga dari partai politik. Waktu nyalon wakil gubernur juga dari partai politik. Jadi biasa-biasa saja," tukasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More