Forgot Password Register

Apa yang Terjadi Jika Kita Makan Sehabis Olahraga?

Apa yang Terjadi Jika Kita Makan Sehabis Olahraga? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Pernahkah kamu merasakan lapar teramat sangat usai berolahraga, hingga akhirnya malah makan banyak tak terkontrol. Tapi apakah boleh makan sehabis olahraga?

Baca juga: Ingin Sehat Malah Ambruk, Jangan Paksakan Olahragamu

Jawabannya adalah boleh, karena menurut Dokter Gizi Rissa E Djuanda, makanan dan minuman sebagai pengganti cairan dan energi hilang selama berolahraga, namun yang perlu diingat adalah berikanlah jeda.

"Kalau sebelum olahraga boleh kita makan, tapi jangan langsung olahraga, begitu pula sehabis olahraga jangan langsung, jadi setidaknya jedain setengah jam," ujar Raissa.

Selain memberikan jeda, catatan yang harus diingat ialah jangan makan terlampau berlebihan, apalagi karbohidrat berlebih seperti nasi, kentang atau makanan berat lainnya. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan minuman pengganti energi.

Jika kamu tetap melakukannnya, yang terjadi adalah timbulnya rasa kantuk yang tak tertahankan, karena tubuh oksigennya terkuras selama olahraga, lalu harus mengolah makanan yang membutuhkan oksigen. Jelas tubuh akan mengantuk.

Baca juga: Malas Berolahraga? Coba Lakukan Cara Ini!

"Karena kalau abis olahraga langsung makan, wah udah tuh ngantuk banget tuh, karena oksigennya selain membakar lemak, itu juga ngebakar kalori makanan yang akan kita makan juga, pasti bakal kurang banget," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More