Forgot Password Register

Arab Saudi Tetap Menggelar Forum Investasi di Tengah Kasus Khashoggi

Arab Saudi Tetap Menggelar Forum Investasi di Tengah Kasus Khashoggi Partisipan FII tiba di Riyadh. (Foto: Reuters/Faisal Al Nasser)

Pantau.com - Arab Saudi akan tetap membuka forum investasi inisiatif (FII) yang dikenal sebagai "Davos in the Desert" selama tiga hari yang dimulai pada Selasa (23/20/2018), meskipun sejumlah pembicara penting menarik diri karena kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

Jamal Khashoggi yang bekerja sebagai jurnalis The Washington Post hilang pada 2 Oktober setelah memasuki gedung Konsulat Saudi di Istanbul. Sebelumnya pihak Saudi membantah mengetahui keberadaan Khashoggi, namun akhirnya menyatakan bahwa Khashoggi di bunuh di dalam gedung Konsulat Arab di Istanbul.

Seperti dilansir Sputnik, (23/10/2018), dalam sepekan, beberapa pejabat terkemuka mengundurkan diri dari konferensi tersebut, termasuk Sekretaris Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin, Director Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde, Menteri Keuangan Belanda Wopke Hoekstra, Sekretaris Perdagangan untuk Perdamaian Internasioanl Inggris Liam Fox, Menteri Keuangan Perancis Bruno Le Maire, serta pejabar lainnya.

Baca juga: Giliran Negara Uni Eropa Didesak Hentikan Penjualan Senjata ke Arab Saudi

The World Bank, The New York Times, Bloomberg, CNBC, Googel, dan Uber juga menarik diri dari konferensi FII karena kasus pembunuhan Wartawan Arab Jamal Khashoggi.

Serangkaian pembatalan itu juga disebabkan karena pihak FII tidak menyebutkan daftar pembicara dalam lamannya. Hingga sampai Senin (22 Oktober 2018) konferensi tersebut belum mempunyai program acara yang akan dilangsungkan.

Meski demikian, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman tetap melangsungkan FII pada Selasa, di mana terdapat lebih dari 150 pembicara dan 140 organisasi, termasuk 17 perusahaan global, untuk membahas terkait investasi dalam pertumbuhan ekonomi, inovasi dan tantanga global. Selama 40 sesi, pemimpin industri keuangan global akan membahas sejumlah topik, termasuk pasar transportasi, mata uang digital, dan teknologi baru.

Rusia yang menyatakan lebih baik menunggu hasil penyelidikan dalam kasus Khashoggi sebelum mengubah hubungan dengan Riyadh. Rusia akan diwakili dalam forum FII. Delegasi Moskow mencakup lebih dari 30 perusahaan Rusia terkemuka, termasuk Russian Direct Investment Fund (RDIF), yang bekerja sama dengan Saudi Arabia's Publik Investment Fund (PIF) dalam proyek investasi di Rusia.

Baca juga: Penasihat Putra Mahkota Arab Saudi Perintahkan Pembunuhan Khashoggi via Skype

Share :
Komentar :

Terkait

Read More