Forgot Password Register

Headlines

Bupati Kukar Non-Aktif Rita Widyasari Divonis 10 Tahun Bui

Rita Widyasari (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto) Rita Widyasari (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Pantau.com - Bupati Kutai Kartanegara non-aktif Rita Widyasari divonis hukuman 10 tahun penjara dan denda Rp600 juta oleh majelis hakim lantaran dinilai terbukti menerima gratifikasi dan suap. 

Majelis hakim menilai Rita terbukti menerima gratifikasi dan suap senilai Rp110 miliar dari sejumlah rekanan pelaksana proyek di Kabupaten Kutai Kartanegara. 

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa 1 (Rita) dengan pidana penjara selama 10 tahun dan denda sejumlah Rp600 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti pidana kurungan selama enam bulan," ujar Ketua Hakim Sugiyanto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018). 

Baca juga: Kena Tipu, Barang Berharga Tenaga Ahli Staf Kepresidenan Digondol Pencuri

Vonis yang dijatuhkan hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa, yakni 15 tahun penjara dan denda Rp750 juta subsider enam bulan kurungan. Selain hukuman itu, hakim juga mencabut hak politik Rita selama 5 tahun. 

"Pencabutan hak poitik selama 5 tahun sejak terdakwa selesai menjalani pidana," kata hakim.

Baca juga: Diciduk Polisi, Peretas Situs Bawaslu Ternyata Remaja 18 Tahun

Selain Rita, terdakwa lainnya yakni Komisaris PT Media Bangun Utama Khairudin divonis hukuman 8 tahun dan denda Rp300 juta subsider 3 bulan. Kedua terdakwa juga dikenakan pidana pencabutan hak politik 5 tahun setelah menjalani hukumannya.

Vonis majelis hakim untuk kedua terdakwa ini lebih rendah dari tuntutan jaksa KPK. Sebelumnya, jaksa KPK menuntut Rita Widyasari dengan hukuman 15 tahun penjara, denda Rp750 juta subsider 6 bulan kurungan. Sementara Khairudin dituntut 13 tahun penjara, denda Rp750 juta subsider 6 bulan kurungan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More