Forgot Password Register

Headlines

Catat! Anda Dapat Uang Lembur Jika Masuk di Hari Pencoblosan

Catat! Anda Dapat Uang Lembur Jika Masuk di Hari Pencoblosan Ilustrasi Pemilu (Pantau.com/Amin H Al Bakki)

Pantau.com - Tunjuk tangan siapa yang masuk kerja saat pemilihan umum 2019 atau tepatnya besok 17 April 2019? Sobat Pantau, kalian jangan bete deh, soalnya ada insentif berupa uang lembur buat yang masuk kerja.  

Enggak percaya?

Nih, Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri  telah menertibkan Surat Edaran (SE) No. 1 Tahun 2019 Tentang Hari Libur Bagi Pekerja/Buruh pada Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019.

Baca juga: Disinggung Kabur ke LN saat Pemilu, Apindo: Dunia Usaha Tak Takut!

Surat ini ditujukan kepada para gubernur di seluruh Indonesia untuk dijadikan pedoman dan selanjutnya disampaikan kepada bupati/wali kota, serta pemangku kepentingan terkait di wilayahnya masing-masing.

SE ini juga diterbitkan sesuai dengan ditetapkannya Keputusan Presiden Nomor 10 tahun 2019 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 sebagai Hari Libur Nasional. Dengan kata lain, kata Hanif, pengusaha harus memberikan kesempatan kepada pekerja/buruh untuk melaksanakan hak pilihnya.

"Apabila pada hari dan tanggal pemungutan suara tersebut pekerja/buruh harus bekerja, maka pengusaha mengatur waktu kerja agar pekerja/buruh tetap dapat menggunakan hak pilihnya," tulisnya.

Baca juga: Pelunasan Tahap I Ditutup, Kuota Haji Reguler Masih Tersisa 19.815

Ditegaskan pula para pekerja/buruh yang bekerja pada hari dan tanggal pemungutan suara, berhak atas upah kerja lembur dan hak-hak lainnya yang biasa diterima pekerja/buruh yang dipekerjakan pada hari libur resmi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Surat edaran ini ditembuskan kepada Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden RI, Menteri Kabinet Kerja, Ketua Umum DPN Apindo serta Pimpinan Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More