Pantau Flash
Hasil Balap F1 GP Singapura: Vettel Juara, Hamilton Tak Dapat Podium
Marc Marquez Juara GP Aragon, Gelar Keenam Semakin Dekat
Kalahkan Hendra/Ahsan, Kevin/Marcus Juara China Open 2019
Kalah dari Momota, Ginting Gagal Pertahankan Gelar China Open
Jepang Sepakat dengan Korea Selatan Soal Arbitrase WTO

Cetak Hattrick, Aubameyang Bawa Arsenal ke Final Liga Europa

Cetak Hattrick, Aubameyang Bawa Arsenal ke Final Liga Europa Aubameyang membawa Arsenal ke final Liga Europa 2018/2019. (Foto: Reuters/Sergio Perez)

Pantau.com - Arsenal tampil perkasa di leg kedua babak semifinal Liga Eropa 2018/2019 ketika bertandang ke markas Valencia di Estadio Mestalla, pada Jumat (10/5/2019) dini hari WIB. The Gunners -julukan Arsenal- sempat tertekan, tetapi mereka menyudahi pertandingan dengan kemenangan 4-2 atas Valencia.

Praktis, Arsenal pun berhasil melaju ke final Liga Eropa dengan agregat 7-3 atas Valencia. Di partai final, Arsenal akan menghadapi tim senegaranya yakni Chelsea yang sukses menyingkirkan Eintracht Frankfurt.

Pada menit ke-11, Valencia membuka keunggulan atas Arsenal melalui gol dari Kevin Gameiro. Dengan menerima sodoran dari Rodrigo Moreno, Gameiro lalu melepaskan tembakan yang tak mampu diamankan oleh Petr Cech. Valencia 1-0 Arsenal.

Arsenal mampu merespons gol Valencia dengan cukup baik. Dimana mereka menyamakan kedudukan tepatnya di menit ke-17 melalui gol dari Pierre-Emerick Aubameyang yang menerima operan melalui kepala Alexandre Lacazette, Aubameyang kemudian melepaskan tembakan keras.

Di pengujung babak pertama, Arsenal hampir berbalik unggul atas Valencia. Namun, tembakan Lacazette masih membentur tiang gawang Valencia. Hingga 45 menit pertama usai, kedudukan 1-1 masih menghiasi papan skor laga Valencia kontra Arsenal.

Valencia yang mengejar defisit gol untuk bisa melaju ke final Liga Eropa 2018/2019, langsung tampil menekan. Namun rapatnya barisan belakang tim tamu membuat upaya El Che -julukan Valencia- untuk mencetak gol kedua sulit tercipta.

Valencia justru harus kembali kebobolan, kali ini giliran Lacazette yang mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan melengkungnya tak mampu digapai Neto, skor Valencia 1-2 Arsenal.

Gawang Neto dibobol Lacazette. (Foto: Reuters/ Sergio Perez)

Tak tinggal diam, pada menit ke-58, Valencia menyamakan kedudukan melalui gol kedua Gameiro skor jadi 2-2. Lolos dari jebakan offside, Gameiro pun melepaskan tembakan.

Berjarak sembilan menit, Valencia hampir saja mencetak gol ketiga, sekaligus membalikkan keadaan jadi 3-2 atas Arsenal. Akan tetapi tembakan spekulasi yang dilepaskan oleh Parejo masih menyamping di sisi kanan gawang Cech.

Memasuki 20 menit jelang laga usai, Arsenal mampu kembali unggul atas Valencia melalui gol kedua Aubameyang. Ia memaksimalkan umpan manis dari Ainsley Maitland-Niles, Aubameyang menyambutnya dengan sepakkan sambil menjatuhkan badan yang gagal diamankan Neto.

Pada menit ke-88, Arsenal berhasil menambah keunggulan mereka jadi 4-2 atas Valencia melalui gol ketiga Aubameyang. Melanjutkan sodoran dari Henrikh Mkhitaryan, Aubameyang pun melepaskan tembakan keras dari jarak dekat yang meluncur deras ke dalam gawang Valencia.

Usai laga, Aubameyang mengaku senang bisa memberikan kontribusinya atas kemenangan yang didapat Arsenal. Selain itu, pria asal Gabon itu menilai Arsenal layak mencapai final Liga Eropa lantaran telah belajar banyak dari kesalahan di musim lalu.

“Itu sangat berarti. Saya berpikir bahwa kami telah belajar banyak dari pengalaman di musim lalu. Pada tahun ini, kami tidak melakukan kesalahan yang sama, dan berhasil lolos ke final (Liga Eropa 2018-2019),” ucap Aubameyang, seperti disadur dari situs resmi UEFA, Jumat (10/5/2019).

Susunan Pemain:

Valencia (4-4-2): Neto; Cristiano Piccini (Soler 57’), Gabriel, Ezequiel Garay, Jose Gaya; Daniel Wass, Daniel Parejo, Francis Coquelin, Goncalo Guedes (Torres 72’); Rodrigo Moreno (Santi Mina 72’), Kevin Gameiro.

Pelatih: Marcelino

Arsenal (3-4-1-2): Petr Cech; Sokratis Papastathopoulos, Laurent Koscielny, Nacho Monreal; Ainsley Maitland-Niles, Granit Xhaka, Lucas Torreira (Guendouzi 81’), Sead Kolasinac (Mustafi 71’); Mesut Ozil (Mkhitaryan 63’); Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette.

Pelatih: Unai Emery

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga

Berita Terkait: