Forgot Password Register

Headlines

Di Depan Jokowi, Airlangga Minta Jatah Kursi Ketua MPR untuk Golkar

Di Depan Jokowi, Airlangga Minta Jatah Kursi Ketua MPR untuk Golkar Ketua umum Golkar Airlangga Hartarto saat menyampaikan pidato (Foto: Pantau.com/Lilis Varwati)

Pantau.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto blak-blakan meminta jatah kursi Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024. Pernyataan itu ia sampaikan dihadapan presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara buka puasa bersama partai Golkar.

Airlangga awalnya menyinggung pemenang pemilu PDIP yang akan otomatis mendapat jatah Ketua DPR karena menjadi pemenang pemilu 2019.

Baca juga: Airlangga Hartarto Ibaratkan Perjalanan Golkar Seperti Lagu 'Bohemian Rhapsody'

"Dalam konteks kesantunan politik telah jelas dalam UU MD3 bahwa pemenang pemilu akan menjadi ketua DPR berikutnya. Dalam hal ini PDIP dan wakilnya akan mengikuti," kata Airlangga dalam sambutannya di acara buka puasa bersama partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 19 Mei 2019.

Sebelum mengutarakan permintaan terkait kursi ketua MPR, Airlangga meminta ijin pada Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang juga santer akan menjadi salah satu kandidat ketua MPR.

"Sehingga tentunya amat wajar, ini seijin pak Muhaimin Iskandar, apabila dalam nanti pemilihan ketua MPR yang dipilih dalam sistem paket Koalisi Indonensia Kerja wajar juga mengusung dari partai Golkar," ucapnya.

Baca juga: Kata Airlangga Hartarto, Tranformasi Golkar Bak Transformers

Terkait calon, Airlangga menuturkan belum menentukan kadernya yang akan menjadi Ketua MPR. Dia mengatakan akan membahas dulu usulannya dengan partai koalisi.

"Tentu kita akan berunding antar partai koalisi. Kemudian nanti siapa yang akan diusung," tuntas Airlangga.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More