Forgot Password Register

Dilarikan ke Rumah Sakit, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Alami Kanker?

Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: Reuters/Ezra Acayan) Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Foto: Reuters/Ezra Acayan)

Pantau.com - Penjabat Kementerian Dalam Negeri Filipina Eduardo Ano menyatakan, Rodrigo Duterte tidak mengalami sakit kanker. Kabar itu bermula ketika Duterte terlihat mengunjungi sebuah rumah sakit swasta.

Rakyat Filipina menantikan informasi mengenai kesehatan Presiden Duterte setelah dia tidak terlihat dalam dua acara resmi pada pekan lalu.

"Dia mengungkapkan kepada kami bahwa hasil pemeriksaan itu negatif. Salah satu yang mereka periksa ialah contoh dari ususnya," kata Eduardo Ano kepada wartawan dalam peristiwa yang diunggah di Facebook dan disiarkan langsung oleh kantor berita setempat.

Baca juga: Duterte Akhirnya Minta Maaf karena Pernah Barack Obama

Ano mengatakan, Duterte memberi tahu kabar itu dalam sidang kabinet pada Senin malam. Sidang tersebut semestinya dijadwalkan berlangsung pada Rabu lalu tetapi Presiden Duterte pergi ke rumah sakit tanpa terencana. Dokter di rumah sakit itu memintanya mengulangi pemeriksaan saluran pencernaan tiga pekan setelah pemeriksaan serupa.

Baca juga: Dianggap Lakukan Pembunuhan, Presiden Filipina Diadukan ke Mahkamah Pidana Internasioal

Berdasarkan atas Konsititusi Filipina, rakyat seharusnya diberitahu mengenai keadaan kesehatan presiden yang sedang berkuasa. Jika presiden mengalami penyakit, maka wakil presiden akan menggantikan posisinya selama sisa waktu dalam periode enam tahun.

Wakil Presiden Leni Robredo, seorang pemimpin oposisi, dipilih secara terpisah tahun 2016 dan dapat memicu ketakpastian dalam proses suksesi karena iklim politik yang sangat terpolarisasi.

Kesehatan Duterte menjadi sumber spekulasi setelah ia tidak terlihat selama seminggu pada tahun lalu di depan umum tetapi pembantunya menepis desas-desus mengenai kesehatannya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More