Forgot Password Register

Headlines

Diperiksa Polisi, Habib Bahar Didampingi Puluhan Pengacara

Diperiksa Polisi, Habib Bahar Didampingi Puluhan Pengacara Habib Bahar bin Smith saat tiba di Bareskrim (Foto:Pantau.com/Rizky Adytia)

Pantau.com - Pendakwah sekaligus tokoh Front Pembela Islam (FPI) Habib Bahar bin Smith tengah diperiksa Bareskrim lantaran diduga menghina Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Namun, belakangan diketahui dalam pemeriksaan Habib Bahar didampingi sekitar 50 kuasa hukum.

Pernyataan itu disampaikan oleh Habib Novel Bakmumin yang tergabung dalam tim kuasa hukum Habib Smith. Menurutnya puluhan pengacara itu berasal dari beberapa kelompok advokat yang ingin berperan serta dalam kasus tersebut.

Baca juga: Massa Laskar Pembela Islam Padati Depan Gedung Bareskrim, Kawal Pemeriksaan Habib Bahar

"Dari ACTA, PPM, FPI, TPF, Korlabi. Total sementara ada 50 pengacara, nanti akan bertambah lagi kuasa hukumnya," ucap Novel Bakmumin di Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018).

Selain itu, dengan adanya pendampingan puluhan pengacara, kata Novel, hak itu merupakan bentuk dukungan langsung terhadap Habib Bahar bin Smith. Bahkan, dalam dukungannya itu, lanjut Novel, pihaknya meminta kepada pihak kepolisian agar berlaku dengan adil.

"Harus diperlakukan dengan adil dan kita meminta agar keadilan ditegakkan seadil-adilnya," kata Novel.

Lebih jauh, saat disinggung mengenai adanya potensi penetapan tersangka kepada Habib Bahar bin Smith, Novel menyebut jika hal itu benar-benar terjadi pihaknya akan melakukan langkah hukum dengan melakukan praperadilan.

"Kita akan mengajukan praperadilan untuk membatalkan penetapan tersangkanya," singkat Novel.

Diberitakan sebelumnya, Habib Bahar bin Smith dilaporkan polisi karena terjerat dugaan kasus ujaran kebencian kepada Presiden Jokowi.

Baca juga: Tiba di Bareskrim, Habib Bahar Pilih Bungkam

Kasus itu telah tertera dalam laporan bernomor LP/B/1551/XI/2018 BARESKRIM, Habib Smith disangkakan melanggar Pasal UU Nomor 1 Tahun 1946 KUHP Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE, Pasal 207 KUHP, Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 dan Pasal 45 ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2).

Share :
Komentar :

Terkait

Read More