Forgot Password Register

Headlines

Duh! Imbas Tarif Impor, Mainan di Pasar Gembrong akan Naik

Mainan di Pasar Gembrong, Jakarta Timur (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika) Mainan di Pasar Gembrong, Jakarta Timur (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Aturan penyesuaian tarif Pajak Penghasilan (PPh) Impor atau PPh Pasal 22 untuk 1.147 komoditas atau barang konsumsi baru saja diterbitkan oleh pemerintah, Rabu (5/9) lalu. Kebijakan tersebut salah satunya mengenakan tarif barang konsumsi sebesar 7,5 persen. 

Kenaikkan tersebut juga diprediksi akan berpengaruh pada harga mainan yang sebagian besar berasal dari negara lain atau impor. 

Salah satu pedagang mainan di Pasar Gembrong, Aman 56) memastikan adanya kenaikkan harga jika adanya pengenaan tarif impor.

"Kalau pajak naik ya pasti harga naik, tapi kan kadang ada stok lama ya kalau distributor jual pakai harga lama kita juga jual pakai harga lama," ujarnya pada Pantau.com, saat ditemui di lokasi berjualannya di Pasar Gembrong, Jakarta Timur.

Baca juga: Ini Kuota CPNS di Beberapa Daerah, Baca Teliti! Jangan Kelewatan

Pedagang lainnya, Reno (52) mengatakan harga mainan terus berangsur naik namun tidak signifikan dan dengan waktu yang berbeda-beda. Kendati demikian ia mengakui jika ada momentum tertentu harga bisa meningkat secara merata.

"Dari tahun 2010 mulai terasa, kalau BBM naik ikut naik karena biaya distribusi, atau barang tertentu kalau sedang musim pasti harga naik," ungkapnya.

Sementara mengenai kenaikkan pajak impor ia mengaku belum merasakan kenaikannya. Kendati demikian ia memastikan ada kenaikkan harga jika distributor menaikkan harga.

"Biasanya pas belanja aja baru dikasih tahu ada kenaikkan. Tapi kalau stok lama ya saya jual harga lama karena kalau harga jual tinggi juga pembelinya susah," pungkasnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More