Forgot Password Register

India Lirik Investasi Infrastruktur di Jawa Timur

Pembangunan LRT (Foto:Pantau.com/Fery Heryadi) Pembangunan LRT (Foto:Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Pelaku usaha India tertarik berinvestasi pada dua proyek infrastruktur dan pariwisata di Jawa Timur, sebagai hasil "East Java Business Forum Meeting" yang diselenggarakan di New Delhi, India, pada April lalu.

Dua proyek yang diminati oleh investor India adalah pembangunan Pelabuhan Tanjung Tembaga senilai Rp206 miliar di Probolinggo dan Pantai Putih Situbondo dengan nilai investasi Rp120 miliar.

Baca juga: Sempat Turun, Bumbu Dapur Kembali Naik

"PT Delta Artha Bahari Nusantara, sebuah BUMD yang mengelola pembangunan pelabuhan tersebut menyatakan siap bekerja sama dan bertemu (dengan investor India)," kata Sidharto R. Suryodipuro, Duta Besar Indonesia untuk India, Senin (28/5/2018).

Selain kedua proyek tersebut, para pelaku UMKM India juga tertarik bekerja sama dengan Indonesia di bidang pemrosesan makanan.

Sidharto menyatakan bahwa antusiasme dari kalangan usaha India untuk bekerja sama dengan Indonesia cukup tinggi, bahkan Konfederasi Industri India (CII) berencana membuka kantor di Indonesia.

"Selama 10 bulan saya berada di New Delhi terasa sekali ada penguatan ketertarikan soal Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Apa Kabar Pasar Santa? Tempat Ekonomi Anak Muda Jakarta

Potensi kerja sama ini direspons dengan baik oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang pada bulan lalu memimpin 30 pelaku usaha Indonesia dari berbagai sektor seperti industri logam mesin, elektronik, otomotif, industri logam, kawasan industri, dan farmasi, dalam forum bisnis di New Delhi.

Saat ini Jawa Timur telah memiliki 10 kawasan industri dan akan menambah sembilan kawasan industri serta dua kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk sektor pariwisata yang sedang dalam proses konstruksi. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More