Forgot Password Register

Ingin Masakan Gurih Tanpa MSG? Coba 5 Bahan Alternatif Ini!

Ingin Masakan Gurih Tanpa MSG? Coba 5 Bahan Alternatif Ini! Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kita pasti sudah sering mendengar untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi msg atau micin terlalu banyak. Micin dianggap sebagai bahan penyedap rasa yang tidak baik untuk kesehatan dan perkembangan otak.

Micin sendiri merupakan garam natrium asam glutamat yang ditemukan oleh Kikunae Ikeda, seorang ahli kimia Universitas Tokyo, pada tahun 1908. Micin dianggap garam paling stabil yang memberi rasa gurih pada makanan.

Karena banyak orang yang khawatir terhadap dampak buruk micin, sehingga tak sedikit yang tidak mengonsumsi micin sama sekali. Namun masalahnya, makanan tanpa micin memang tak segurih yang memakai micin.

Berikut ini adalah bahan penyedap yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti micin.

1. Gula

Gula dan micin sama-sama berbahan dasar tebu. Menambahkan gula yang dipadukan dengan garam pada masakan bisa menjadi pilihan untuk menghindari micin.

2. Udang ebi

Udang memiliki rasa yang khas bahkan kerap dijadikan sebagai bahan pembuat terasi. Selain membuat masakan menjadi wangi menggoda, udah ebi juga menciptakan rasa gurih pada masakan.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah kunci dari setiap masakan. Rasanya setiap masakan wajib untuk menggunakan bawang putih agar lebih sedap.

4. Kaldu

Ini adalah bahan pengganti micin yang paling mendekati. Meski agak sedikit ribet dalam membuatnya, namun kaldu akan membuat kamu melupakan micin.

5. Nutritional yeast

Nutritional yeast bisa diibaratkan seperti micin alami yang dikenal dengan sebutan 'keju vegan'. Makanan akan terasa gurih dengan mencampurkan Nutritional yeast

Share :
Komentar :

Terkait

Read More