Forgot Password Register

Headlines

Ini Bahaya Pencet Jerawat yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ini Bahaya Pencet Jerawat yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Ilustrasi wajah berjerawat. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami. Saat jerawat muncul di wajah, rasanya tangan 'gatal' sekali ingin memencet.

Saran untuk tidak memencet jerawat tentu sudah sering kamu dengar. Kebiasaan buruk itu diketahui dapat memperparah kondisi wajah, seperti semakin bertambah jerawat hingga membuat luka berbekas.

Memencet jerawat sembarangan bisa menyebabkan bahaya yang bisa mengganggu kesehatan kamu, dilansir dari berbagai sumber berikut bahaya yang timbul akibat sembarangan memencet jerawat.

Baca juga: 5 Makanan Ini Dapat Membantu Menangkal Jerawat

Infeksi

Memencet jerawat membuat bakteri masuk lebih dalam ke kulit. Masuknya bakteri dapat menyebabkan infeksi pada pori-pori yang tersumbat, membuat daerah sekitar jerawat lebih memerah dan meradang.

Pendarahan

Ketika jerawat berdarah, pori-pori yang tersumbat akan terbuka dan rentan meninggalkan bakteri pada kulit. Sel-sel darah putih akan memerangi bakteri yang menyerang, pori-pori akan kembali tersumbat namun meradang. Dengan munculnya pembengkakan dan darah kering, jerawat muncul mungkin akan lebih terlihat daripada sebelumnya.

Baca juga: Benarkah 'Facial' Cara Ampuh Hilangkan Jerawat?

Iritasi

Memencet dan meremas hanya akan memperparah jerawat. Bahkan jika kamu pencet jerawat dan tampak kurang jelas, iritasi dan meradang meninggalkan bekas yang lebih lama dari jerawat itu sendiri.

Bekas luka

Memencet jerawat dapat melukai jaringan sekitar pori-pori tersumbat dapat merusak kulit secara permanen dan meninggalkan bekas luka.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More