Forgot Password Register

Ini Kata Kepala BKPM Soal Polemik Tenaga Kerja Asing di Indonesia

Tenaga kerja asing. (Foto: Pixabay) Tenaga kerja asing. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan Tenaga Kerja Asing yang berada di Indonesia jumlahnya tergolong kecil dibandingkan negara lainnya.

Tenaga Kerja Asing di Indonesia jumlahnya sebesar 0,1 persen dari jumlah Tenaga Kerja, lebih kecil dibandingkan Malaysia 12 persen, Thailand 4,5 persen dan Vietnam 0,14 persen.

"Yang saya mau tekankan disini, disamping dibandingkan dengan negara lain, tolong bandingkan dengan jumlah tenaga kerja kita yang jumlahnya 120 juta, sedangkan Tenaga Kerja Asing 120ribu atau seper seribu tenaga kerja," ujarnya dalam diskusi di Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9), Kementerian Komunikasi Informasi, Jakarta, Senin (23/4/2018). 

Baca juga: Menteri Hanif Dhakiri: Kita Bakal Tindak TKA Kasar

Ia menjelaskan dari target 2 juta lapangan kerja yang dicapai pemerintah setiap tahun, ia mengklaim 1 juta tenaga kerja berasal dari investasi dan ia menyebut hanya 2 persen yang merupakan Tenaga Kerja Asing. 

"Satu juta lapangan kerja baru berasal dari investasi, 20rb untuk asing atau sekira 2 persen," paparnya.

Ia menambahkan, Tenaga Kerja Asing sebagian besar merupakan tenaga kerja sementara. Ia menilai jumlah tenaga kerja asing yang datang dan yang dipulangkan jumlahnya imbang.

"TKA ini praktis hampir selalu sementara. Jadi setiap tahun kita harus mendatangkan 20ribu. Bukan nambah terus. Jumlah TKA baru diimbangi dengan TKA yang pulang," kata Dia.

Baca juga: Pemerintah Klaim Perpres TKA untuk Perbaikan Iklim Investasi Ekonomi

Share :
Komentar :

Terkait

Read More